Pelaksanaan PCR Swab Nunggu Izin Operasional

0 64

Pelaksanaan PCR Swab Nunggu Izin Operasional

SERAMBIJAMBI.ID, JAMBI – Meskipun alat PCR (polymerase chain reaction), reagen kit maupun sejumlah aksesoris yang akan dipergunakan untuk melakukan uji Swab didatangkan dari Singapura sudah tiba di Laboratorium Kesehatan Daerah Kota Jambi, Kamis (7/1) kemarin.

Namun pelaksanaan uji swab belum dapat dilakukan Karena masih menunggu izin operasional yang masih dalam pengurusan.

Alat PCR tersebut dijemput dan dibawa Dishub beserta pihak terkait lain ke kota Jambi melalui Pelabuhan Roro Kuala Tungkal Kabupaten Tanjung Jabung Barat. “Sudah sampai siang tadi”, ujar singkat Saleh Ridho, Kadishub Kota Jambi.

Sementara itu, menurut kepala UPTD Labkesda Kota Jambi, dr. Ade Delvita melalui Kasubbag TU, Tri Suyono, alat PCR, sejumlah aksesoris dan reagen kit disimpan di ruang aplikasi PCR. Tapi kondisinya belum kita unboxing, masih menunggu petugas ahlinya. Terakit garansi, jadi tidak asal buka.

Diperkirakan bulan ini Kota Jambi sudah dapat melakukan uji swab mandiri, sebab masih dalam proses pengurusan izin operasional ke Litbangkes Pusat.

“Insya Allah Januari ini sudah bisa. Yang pasti dengan alat ini, hasil swab akan lebih cepat diketahui dibandingkan sebelumnya. Untuk reagen kit kita simpan di freezer,” ungkap Tri.

Pihaknya juga sudah menyiapkan 20 tenaga analis kesehatan untuk mengoperasionalkan alat PCR. “Saat ini mereka belum aktif, tapi sudah kita persiapakan, tentu kita harap Covid-19 cepat hilang,” tutupnya. (SJ)

Leave A Reply