Keluarga Sempat Tolak Pemakaman Secara Prokes, Hasil Swab Test Keluar Terkonfirmasi Positif Covid-19

0 1.080

Keluarga Sempat Tolak Pemakaman Secara Prokes, Hasil Swab Test Keluar Terkonfirmasi Positif Covid-19

SERAMBIJAMBI.ID, TANJAB BARAT – Jenazah pasien suspect covid-19 berinisial AL (63) yang meninggal dunia di Rumah Sakit Umum KH Daud Arif Kuala Tungkal pada Minggu (27/9/20) kemarin, yang jenazahnya kemudian dimakamkan secara protokol covid-19 atau protokol kesehatan.

Pasien ini diketahui memiliki riwayat penyakit Hiperglikemia dan pada tanggal 24 September sudah dilakukan swab test. Hasil swab testnya belum keluar, pasien telah terlebih dahulu meninggal dunia.

Dan pada hari Selasa (29/9/20), hasil swab test pasien tersebut keluar dengan hasil terkonfirmasi positif covid-19.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Tanjab Barat, Ir. H. Taharuddin.

Dikatakannya, hasil swab test pasien yang telah meninggal dunia itu, hasilnya terkonfirmasi positif covid-19.

Pasien tersebut meninggal dunia pada Minggu kemarin dan kemudian dimakamkan di TPU Khusus yang berada di Desa Lubuk Telentang, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjab Barat.

Pasien tersebut sebelumnya dikategorikan suspect covid-19, karena pada saat itu hasil swab test belum keluar dan pasien telah terlebih dahulu meninggal dunia,” terang Taharuddin

BERITA TERKAIT: Satu Pasien Suspect Covid-19 Meninggal Dunia di Rumah Sakit KH Daud Arif Kuala Tungkal

Lebih lanjut Taharuddin menyampaikan, sebelumnya memang sempat terjadi perdebatan antara pihak keluarga dan petugas. Pihak keluarga sempat menolak jenazah dimakamkan secara Protokol Covid-19.

Untuk meredam emosi pihak keluarga, Kapolres Tanjab Barat dan Dandim 0419/Tanjab selaku Wadan Satgas Covid-19 Tanjab Barat turun tangan untuk memediasi dan memberikan pemahaman kepada pihak keluarga.

“Setelah proses mediasi yang sangat panjang, akhirnya pihak keluarga menerima jenazah dimakamkan secara protokol covid-19. Jenazah kemudian dimakamkan di TPU Khusus yang berada di Desa Lubuk Telentang, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjab Barat,” pungkasnya (SJ)

Leave A Reply