Warga Tangkap Buaya 4 Meter di Kanal, Diubek-ubek Menggunakan Alat Berat

0 18.101

Warga Tangkap Buaya 4 Meter di Kanal, Diubek-ubek Menggunakan Alat Berat

SERAMBIJAMBI.ID, TANJAB TIMUR – Masyarakat di RT 13, Kelurahan Parit Culum Satu, Kecamatan Muara Sabak Barat, Kabupaten Tanjabtim dibuat geger dengan kemunculan buaya sepanjang 4 meter.

Buaya itu ditemukan dan berhasil ditangkap warga saat berkeliaran di kanal perkebunan kelapa sawit milik masyarakat setempat, Kamis (09/04/20) siang.

Butuh waktu 1,5 jam untuk dapat mengevakusi buaya berukuran 4 meter lebih tersebut dari kanal ke permukaan.

Ketua RT 13, Kelurahan Parit Culum satu, Mislanto menuturkan, buaya langka jenis julong julong dengan berat sekitar 200 kilogram itu pertama kali ditemukan oleh operator alat berat yang tengah bekerja mencuci kanal.

Predator sungai bergigi gergaji ini berhasil ditangkap dengan cara mengubek ubek dan menutup sisi kanan dan kiri kanal menggunakan alat berat dan dibantu warga.

“Upaya penangkapan dilakukan sejak pukul 11.00 WIB hingga pukul 12.30 WIB,” katanya.

Buaya ini terpaksa diamankan warga karna sangat membahayakan bagi masyarakat yang kerap beraktivitas di dekat lokasi kanal.

Sayangnya sebelum akan diserahkan ke pihak BKSDA Jambi, buaya langka yang memiliki ciri ciri muncung panjang tersebut mati.

“Setahu saya di kanal ini ada dua ekor buaya, termasuk yang ini. Selaku warga kami berharap buaya yang ada dapat di amankan, agar masyarakat kami bisa bekerja dengan tenang,”tandasnya. (Rano)

Leave A Reply