Satu Mesin PLTMG Rusak, PLN ULP Kuala Tungkal Siap Antisipasi Kondisi Kelistrikan Akibat Perbaikan Mesin di PLTMG

0 144
Loading...

Satu Mesin PLTMG Rusak, PLN ULP Kuala Tungkal Siap Antisipasi Kondisi Kelistrikan Akibat Perbaikan Mesin di PLTMG

SERAMBIJAMBI.ID, TANJAB BARAT –  Satu Engine (mesin, red) Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) yang berlokasi di Desa Pematang Lumut, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjab Barat mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut terjadi pada Engine 620 F unit 1 yang berkapasitas 3 Megawatt.

Hal itu diketahui berdasarkan surat yang dikeluarkan PT. Tanjung Jabung Power yang ditujukan kepada PLN ULP Kuala Tungkal. Didalam surat tersebut disebutkan bahwa satu mesin PLTMG mengalami kerusakan, berdasarkan investigasi dari team PLTMG ditemukan serpihan-serpihan besi pada oil filter. Dan untuk memperbaiki hal tersebut, team PLTMG memerlukan waktu paling lama 30 hari. Dengan adanya kerusakan tersebut, maka engine yang akan beroperasi hanya 3 unit dengan daya tampung sebesar 7 Megawatt.

Menindaklanjuti adanya perbaikan mesin tersebut, PLN ULP Kuala Tungkal juga mengeluarkan surat yang ditujukan kepada PT. Tanjung Jabung Power yang kemudian ditembuskan kepada Bupati Tanjab Barat, Ketua DPRD Tanjab Barat, Kapolres Tanjab Barat, Dandim 0419 Tanjab dan PLN UP3 Jambi.

Dalam surat itu tertulis, menindaklanjuti surat saudara Nomor 01/TJP/I/PLTMG/2020 tanggal 25 Januari 2020 perihal Service 30k Engine 620 F pada Unit 1 (3MW) yang akan dilakukan pada tanggal 04 Februari 2020 sampai dengan 04 Maret 2020 (lebih kurang 30 hari kalender), dengan ini PLN ULP Kuala Tungkal menyampaikan sebagai berikut :

  • 1. Kami Tim Pelayanan PLN ULP Kuala Tungkal pada prinsipnya siap untuk mengantisipasi kondisi kelistrikan Tanjab Barat akibat adanya perbaikan mesin #1 PLTMG TJP demi kebaikan dan kelancaran operasional kedepannya.
  • 2. Kami berharap ketiga mesin yang masih beroperasi dapat bekerja optimal sampai dengan pemeliharaan mesin #1 selesai perbaikannya.
  • 3. Hanya beroperasinya tiga mesin di PLTMG TJP menyebabkan kondisi tegangan menjadi drop saat waktu beban puncak Pukul 18.00 – 22.00 WIB (khusus wilayah Tungkal llir)
  • 4. Kami mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan kerja kerasnya tim PLTMG TJP selama ini dalam menjaga kestabilan ketiga mesin yang masih beroperasi karena apabila terjadi gangguan mesin lain (2, 3 atau 4) akan menyebabkan listrik menjadi padam sebagian di wilayah Tungkal llir.
  • 5. Suplai listrik dari Gardu Induk Muara Sabak menjadi satu-satunya yang masih hidup atau beroperasi bila PLTMG TJP sedang terjadi gangguan.

Sementara itu, Manager PLN ULP Kuala Tungkal, Luqman Hakim dikonfirmasi serambijambi.id membenarkan adanya perihal tersebut. Menanggapi adanya perbaikan mesin PLTMG yang rusak itu, Luqman mengatakan, PLN ULP Kuala Tungkal pada prinsipnya siap untuk mengantisipasi kondisi kelistrikan Tanjab Barat akibat adanya perbaikan mesin tersebut.

“Perbaikan mesin tersebut juga demi kebaikan dan kelancaran operasional kedepannya. Kita berharap semoga perbaikan mesin tersebut bisa berjalan lancar tanpa kendala, sesuai dengan estimasi waktu yang dibutuhkan tersebut,” ujar Luqman

Dengan adanya perbaikan mesin tersebut, Luqman juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Kabupaten Tanjab Barat dan berharap masyarakat dapat memakluminya,” tukasnya (SJ)

Loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.