Tak Banyak yang Tahu, Inilah Kampung Tak Berpenghuni di Kabupaten Merangin

0 8.015
Loading...

Tak Banyak yang Tahu, Inilah Kampung Tak Berpenghuni di Kabupaten Merangin

SERAMBIJAMBI.ID, MERANGIN – Biasanya Kota ataupun Perkampungan yang ditinggalkan oleh penduduknya hanya terjadi dalam cerita fiksi atau hanya dalam dongeng pengantar tidur saja, tapi ini nyata dan benar adanya.

Keadaan perkampungan ini sebenarnya tidak banyak yang tahu atau juga mereka tidak ada yang memperdulikan keadaan ini, hal ini mungkin dikarenakan perkampungan ini terletak sangatlah jauh, yakni di ujung paling barat di Kecamatan Tabir, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi.

Perkampungan ini sebenarnya adalah perkampungan yang bisa dikatakan penduduknya punya ekonomi yang berkecukupan, hal ini dibuktikan adanya bangunan rumah yang lumayan bagus dan masih berdiri kokoh serta masih utuh.

Tidak hanya itu saja, Masjid untuk tempat beribadah dan gedung Sekolah Dasar masih berdiri tegak sempurna, namun di sekelilingnya hanya ditumbuhi tumbuhan semak belukar, hal itu dikarenakan tidak dirawat lagi, sebab kampung tersebut sudah tidak berpenghuni.

Perkampungan yang terletak di Kecamatan Tabir Barat, Kabupaten Merangin yang tak berpenghuni ini dulunya bernama Padang Lendir dan Kampung Tengah, di kampung Padang Lendir rumah rumah masih berdiri utuh namun di Kampung Tengah rumah rumah sudah dirobohkan oleh sipemiliknya sendiri.

Menurut Nuraini, yang merupakan salah seorang warga Padang Lendir yang telah meninggalkan kampung tersebut kepada serambijambi.id, Sabtu (13/7/19) mengatakan sebab kampung tersebut tak dihuni lagi, pertama dikarenakan kampung Padang Lendi dan Kampung Tengah sering dilanda banjir dan semua masyarakatnya pindah ke daerah transmigrasi yang berada tak jauh dari kampung mereka.

”Penduduk dusun ko lah pindah ke trans galo, rumah rumah idak ado yang ditunggu lagi, mulonyo kami meninggalkan kampung iko kareno masuk ke trans yang dekat dusun, karena di pinggir sungai kampung iko terus dilando banjir, hampir setiap tahun dilando banjir,” ujar Nuraini (Bas.R)

Loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.