Bupati Tanjab Barat Resmikan TPU Berkonsep Ruang Terbuka Hijau

0

Bupati Tanjab Barat Resmikan TPU Berkonsep Ruang Terbuka Hijau

SERAMBIJAMBI.ID, TANJAB BARAT – Bupati Tanjab Barat Drs H Anwar Sadat, M.Ag meresmikan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Berkah yang berlokasi di Parit 1 darat RT 13, Kelurahan Sriwijaya, Kecamatan Tungkal Ilir, Senin (22/4).

Pemakaman ini memiliki konsep ruang terbuka hijau dengan taman yang cukup asri, rerumputan hijau, saung, tempat duduk, jalan lokasi dalam makam yang baik dengan drainasenya, penataan makam yang tertata rapi. Dan ketika memasuki lokasi TPU akan melewati pintu gerbang yang cantik nan megah. Sehingganya Pemakaman ini jauh dari kesan kumuh dan angker.

Bupati dalam sambutannya saat peresmian menyampaikan, Tempat Pemakaman Umum (TPU) ini dibangun oleh Pemkab Tanjab Barat melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim). Dirinya mempersilahkan bagi warga masyarakat untuk memanfaatkan TPU ini, dan dikatakannya bahwa pemakaman ini tidak dipungut biaya.

“Tempat Pemakaman Umum (TPU) ini kami namakan “Berkah” dan dibangun sebagai jawaban janji kami. Untuk itu kami persilahkan kepada warga masyarakat Kuala Tungkal dan sekitarnya untuk digunakan sebagai tempat peristirahatan terakhir bagi umat Muslim,” ujarnya.

BACA JUGA :

Lebih lanjut Bupati mengatakan latar belakang dibangunnya TPU ini bentuk dari keprihatinannya karena kondisi geografis tanah di Kuala Tungkal yang rawa dan selalu tergenang air. Sehingganya saat proses memakamkan jenazah dirinya merasa iba dengan kondisi demikian.

“Pemerintah Daerah mempunyai rasa tanggung jawab inilah yang kita lakukan saat ini bersama teman-  teman DPRD,” sebutnya.

“Dengan luas kurang lebih 3 hektar mampu menampung 7.000 jenazah untuk dimakamkan di TPU Berkah ini. Sehingga keluarga mudah berziarah ke keluarga- keluarganya,” kata Anwar Sadat.

Hal lain, Anwar Sadat juga berjanji nantinya akan menyiapkan ambulance khusus untuk mengantar jenazah di pemakaman ini, disamping juga akan menambah melengkapi berbagai fasilitas lainnya seperti rumah tunggu, sumur bor dan musolla.

Hadir dalam kegiatan PJ. Sekda, Kepala OPD, Camat, tokoh agama, tokoh masyarakat serta warga masyarakat lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkim Safrun dalam laporannya mengatakan pembangunan makam merupakan inisiasi dari Bupati Tanjabbar Anwar Sadat. Menurutnya, hal ini dikarenakan melihat kondisi makam yang kurang layak.

Diterangkan oleh Safrun, Pemakaman dengan luas mencapai kurang lebih tiga hektar ini merupakan tanah wakaf dari tiga orang warga dan sebagian merupakan tanah yang dibeli oleh Pemkab Tanjabbar yang dibangun dengan mengutamakan segi estetikanya.

“Pembangunan ini dilakukan secara bertahap dan berkrlanjutan dengan menggunakan APBD dan saat ini dibangun baru sebagian,” tandasnya. (*)

Comments
Loading...