Pertunjukan Barongsai, Tarian Sekapur Sirih Hingga Tradisi Pedang Pora Sambut Kedatangan AKBP Padli di Polres Tanjab Barat

0

Pertunjukan Barongsai, Tarian Sekapur Sirih Hingga Tradisi Pedang Pora Sambut Kedatangan AKBP Padli di Polres Tanjab Barat

SERAMBIJAMBI.ID, TANJAB BARAT – Prosesi penyambutan Kapolres Tanjab Barat yang baru AKBP Padli, SH, S.IK, MH disambut dengan tradisi Pedang Pora, Rabu (11/1/23). Penyambutan dimulai dari gerbang Mapolres Tanjab Barat hingga menuju depan lobby Mapolres.

AKBP Padli, SH, S.IK, MH beserta ibu saat tiba di Mapolres Tanjab Barat disambut langsung oleh AKBP Muharman Arta, S.IK, Bupati Tanjab Barat, Forkopimda Tanjab Barat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta tamu dan undangan lainnya.

BERITA LAINNYA

Dalam prosesi penyambutan itu juga diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya pertunjukan barongsai, pemberian buket bunga kepada Kapolres Tanjab Barat beserta Ibu, jajar hormat, tarian sekapur sirih, dan dilanjutkan dengan tradisi pedang pora.

Pada saat tradisi pedang pora, sejumlah perwira dari Polres Tanjab Barat dan Kodim 0419/Tanjab membentuk barisan saling berhadapan di pintu masuk Mapolres sambil menghunus pedang.

BACA JUGA: Mengenal Sosok AKBP Padli, Santri Nahdlatul Wathan yang kini Jabat Kapolres Tanjab Barat

BACA JUGA: AKBP Padli Resmi Jabat Kapolres Tanjab Barat, Ini Profil Singkatnya

Kapolres Tanjab Barat AKBP Padli, SH, S.IK, MH beserta istri kemudian berjalan perlahan, melewati barisan perwira tersebut. Satu persatu pedang diangkat ke atas dengan disilangkan membentuk gerbang dan diiringi musik serta taburan bunga, Kapolres beserta ibu melangkah maju hingga melewati akhir barisan.

Dengan demikian tongkat komando Kapolres Tanjab Barat berpindah dari AKBP Muharman Arta, S.IK kepada pejabat baru AKBP Padli, SH, S.IK, MH yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Pidie Polda Aceh. Sedangkan AKBP Muharman Arta, S.IK resmi alih tugas menempati jabatan baru sebagai Kapolres Muaro Jambi.

Setelah tradisi pedang pora selesai, acara dilanjutkan dengan laporan kesatuan dari Kapolres lama kepada Kapolres baru di ruang Renconfu Mapolres Tanjab Barat. Kemudian dilanjutkan dengan acara Kenal Pamit dan diakhiri dengan acara tradisi Gerbang Pora atau prosesi pelepasan AKBP Muharman Arta, S.IK (SJ)

Comments
Loading...