Rotasi di Tubuh Polri, AKBP Muharman Arta Ditunjuk Jadi Kapolres Tanjab Barat, Ini Riwayat Singkatnya

0 1.698

Rotasi di Tubuh Polri, AKBP Muharman Arta Ditunjuk Jadi Kapolres Tanjab Barat, Ini Riwayat Singkatnya

SERAMBIJAMBI.ID, TANJAB BARAT – Rotasi di tubuh Polri atau lingkup Polda Jambi kembali terjadi. Ada tiga Pejabat Utama Polda Jambi dan empat Kapolres di Polres Jajaran Polda Jambi dirotasi. Salah satunya yakni Kapolres Tanjab Barat.

Berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor ST/1508/VII/KEP/2021 tanggal 26 Juli 2021, Kapolres Tanjab Barat yang lama, AKBP Guntur Saputro, S.IK, MH ditunjuk dalam jabatan baru menjadi Kapolres Bungo. Sedangkan AKBP Muharman Arta, S.IK ditunjuk menjadi Kapolres Tanjab Barat yang baru.

Berdasarkan informasi yang diterima serambijambi.id, untuk acara serah terima jabatan (Sertijab) Kapolres Tanjab Barat direncanakan akan digelar pada tanggal 13 Agustus 2021 di Mapolda Jambi. Sedangkan, untuk acara pisah sambut Kapolres Tanjab Barat direncanakan akan digelar pada tanggal 14 Agustus 2021 di Mapolres Tanjab Barat.

Berikut riwayat atau profil singkat Kapolres Tanjab Barat yang baru AKBP Muharman Arta, S.IK yang berhasil dihimpun serambijambi.id, Selasa (10/8/21) :

Muharman Arta, beragama Islam, lahir di Jakarta pada tanggal 18 November 1981.

Muharman kecil menempuh pendidikan SD hingga SMP di kota kelahirannya Jakarta. Dan menempuh Pendidikan SMA di Magelang, Jawa Tengah.

Begitu lulus SMA, Muharman kemudian masuk pendidikan Polri, Akademi Kepolisian Republik Indonesia atau AKPOL. Di Tahun 2003, Muharman lulus AKPOL

Setelah lulus AKPOL, Muharman yang berpangkat IPDA itu ditugaskan di Polda Jabar. Muharman mengawali jabatannya sebagai Perwira Pertama (Pama) pada tahun 2003.

Selanjutnya, Muharman mendapat tugas dinas pertamanya di Polres Sukabumi sebagai Kanit Patwal Sat Lantas. Setelah menjabat sebagai Kanit Patwal Sat Lantas, Muharman kemudian ditunjuk menjadi Kanit Reskrim Polsek Cibadak.

Setelah menjabat sebagai Kanit Reskrim Polsek Cibadak, Muharman kemudian ditunjuk dalam jabatan baru sebagai Pengasuh atau Pembina di AKPOL (Danton dan Dankie Taruna).

Kemudian, pada tahun 2009 Muharman melanjutkan pendidikan PTIK. Di tahun 2010, Muharman lulus PTIK.

Setelah lulus PTIK, Muharman yang telah berpangkat AKP itu kemudian ditugaskan di Polda Kalteng di bagian unit Tipikor.

Setelah itu, Muharman kemudian dipromosikan menjadi Kasat Reskrim Polres Seruyan Polda Kalteng. Dan selanjutnya Muharman kemudian ditunjuk dalam jabatan baru sebagai Kasi Negosiator Sabhara Polda Kalteng.

Setelah menjabat sebagai Kasi Negosiator Sabhara Polda Kalteng, Muharman kemudian ditunjuk dalam jabatan baru sebagai Kabag Ops Polres Barito Selatan. Dan selanjutnya Muharman ditunjuk dalam jabatan baru sebagai Kasubbag Pangkat SDM Polda Kalteng.

Setelah menjabat sebagai Kasubbag Pangkat SDM Polda Kalteng, Muharman yang telah berpangkat Kompol kemudian dipromosikan menjadi Wakapolres Barito Timur Polda Kalteng.

Setelah menjabat sebagai Wakapolres Barito Timur Polda Kalteng, Muharman kemudian ditunjuk dalam jabatan baru sebagai Waka SPN Polda Kalteng. Dan selanjutnya Muharman ditunjuk kembali dalam jabatan baru sebagai Wakapolres Gunung Mas Polda Kalteng.

Selanjutnya, pada tahun 2018 Muharman melanjutkan Pendidikan SESPIMMEN. Setelah lulus Pendidikan SESPIMMEN, Muharman kemudian ditugaskan di Polda Riau. Muharman ditunjuk dalam jabatan baru sebagai Kabag Binopsnal Ditreskrimum Polda Riau.

Setelah menjabat sebagai Kabag Binopsnal Ditreskrimum Polda Riau, Muharman kemudian ditunjuk dalam jabatan baru sebagai Kasubdit II Ditreskrimum Polda Riau.

Setelah menjabat sebagai Kasubdit II Ditreskrimum Polda Riau, Muharman yang telah berpangkat AKBP kemudian ditunjuk dalam jabatan baru sebagai Kasubdit III Ditreskrimum Polda Riau. Dan pada tanggal 26 Juli 2021, Muharman kemudian dipromosikan menjadi Kapolres Tanjab Barat Polda Jambi. (SJ)

Leave A Reply