1 Ramadhan Ditetapkan Besok

0

1 Ramadhan 1442 H Ditetapkan Besok

SERAMBIJAMBI.ID, JAMBI – 1 Ramadhan 1442 hijriah yang menjadi awal ibadah puasa ditetapkan besok Selasa 13 April 2021. Hal ini disampaikan oleh Muhammad, Kepala Kemenag Provinsi Jambi.

Pemantauan rukyatul hilal (hilal) dilakukan  Kemenag Provinsi Jambi di Odua Weston hotel Jambi. Dengan menggunakan alat Vixion monting Heq 5 dan aplikasi stellarium.

Muhammad mengatakan berdasarkan pemantauan, hilal di Provinsi Jambi memang tertutup awan.

“Tidak terlihat karena faktor cuaca. Cuaca saat ini sangat tidak menentu,” ujar Muhamad.

BACA JUGA :

Dari hasil yang sama- sama kita ketahui, kata Muhamad, waktu untuk pemantauan hilal di provinsi Jambi termasuk panjang yakni 11 menit lamanya.

“Padahal sarana yang digunakan sudah sangat memungkinkan. Cukup lama waktunya,” katanya.

Untuk tahun ini, lanjut Muhamad kemungkinan besar ada kesamaan penetapan 1 ramadhan anatara NU dengan Muhamadiyah.

“Sebelumnya sama dan saya yakin tahun ini juga sama walaupun dijambi tidak terlihat. Kita tunggu sidang isbat,” demikian Muhamad.

Sementara itu, hasil konferensi pers Menteri Agama Yaqut Cholis Qoumas menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1442 Hijriah yang menjadi penanda awal ibadah puasa jatuh pada Selasa, 13 April 2021.

“Penetapan 1 Ramadhan 1442 Hijriah ini merupakan hasil sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama bersama sejumlah organisasi masyarakat Islam pada Selasa sore. Tanpa ada perbedaan, tanpa ada dissenting opinion, bersepakat, dan kami menetapkan 1 Ramadhan 1442 Hijriah jatuh pada 13 April 2021 atau bertepatan dengan Hari Selasa,” ujarnya. (*)

Comments
Loading...