Di Merangin, Kapolres Ajak Warga SAD Bentuk Kampung Tangguh

0 39

Di Merangin, Kapolres Ajak Warga SAD Bentuk Kampung Tangguh

SERAMBIJAMBI.ID, MERANGIN – Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Merangin, AKBP Irwan Andy Purnamawan mengajak warga Suku Anak Dalam (SAD) yang ada di Kabupaten Merangin untuk bersama-sama membangun kampung tangguh guna meningkatkan perekonomian warga SAD serta mencegah penyebaran COVID-19 yang semakin meningkat setiap harinya.

Disampaikan AKBP Irwan Andy Purnamawan, Saya mengajak para perwakilan dari SAD yang diwakili oleh beberapa orang tumenggung berdiskusi bersama dan bertukar pendapat untuk membangun kampung tangguh yang digagas kepolisian untuk meningkatkan perekonomian khususnya orang rimba yang tinggal di hutan serta upaya mencegah penyebaran COVID-19 di daerahnya,” ungkapnya, Selasa (2/2).

” Diskusi kami bersama para temenggung bermaksud dan berencana untuk membentukan kampung tangguh Suku Anak Dalam (SAD) di wilayah Kabupaten Merangin,” lanjut AKBP Irwan Andy Purnamawan.

Dalam pertemuan bersama Warga SAD, Kapolres didampingi Kasat Binmas Polres Merangin AKP Nursan Subagyo menjelaskan kepada para temenggung SAD yang hadir dalam pertemuan itu niat dan maksud dari pihak kepolisian untuk membangun kampung tangguh yang memang dibutuhkan ditengah masa pendemi COVID-19 kali ini.

Adapun diskusi diikuti oleh para tumenggung atau pemimpin dari kelompok SAD di wilayah Kabupaten Merangin dan turut dihadiri oleh para Kapolsek jajaran Polres Merangin untuk bersama-sama menyatukan pemahaman dalam membangun kampung tangguh di kabupaten Merangin.

Dalam kegiatan diskusi itu dicarikan solusi atas beberapa permasalahan atau kendala kendala khsusunya dalam bidang perekonomian yang selama ini dihadapi oleh warga Suku Anak Dalam yang merupakan warga minoritas di wilayah Kabupaten Merangin serta rencana Kapolres untuk membentuk kampung tangguh.

Salah satu Tumenggung Suku Anak Dalam yang hadir mengucapkan terima kasih atas undangan Polres Merangin dalam membahas pembangunan kampung tangguh dan sekaligus pelantikan Pokdar Kamtibmas Bhayangkara ‘Madu’ untuk SAD.

Kami para tumenggung SAD siap bekerjasama dengan kepolisian dalam rangka menjaga keamanan dan lingkungan termasuk tentang permasalahan COVID-19 dan untuk saat ini warga SAD memiliki hukum adat sendiri, semoga dapat berdampingan dengan hukum negara, ungkapnya.

Selain itu, Polres Merangin akan melaksanakan pembinaan kampung tangguh yang di khususkan untuk Suku Anak Dalam sehingga di harapkan para tumenggung dapat membantu dan mendukung kegiatan tersebut demi menjaga serta mencegah penyebaran COVID-19 khususnya di wilayah tempat Suku Anak Dalam tinggal. (Syah/***)

Leave A Reply