Rapid Test Terhadap Satu PDP di Kuala Tungkal, Hasilnya Positif Ada Virus di Tubuhnya

0 4.389

Rapid Test Terhadap Satu PDP di Kuala Tungkal, Hasilnya Positif Ada Virus di Tubuhnya

SERAMBIJAMBI.ID, TANJAB BARAT – Update Kasus Covid-19 di Kabupaten Tanjab Barat per tanggal 7 April 2020, Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 18 orang. 14 orang masih dalam proses pemantauan dan 4 orang telah selesai pemantauan.

Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Pemerintah Kabupaten Tanjab Barat, Ir. H. Taharuddin saat menggelar konferensi pers dengan menggunakan metode Sosial Distancing, Rabu (8/4/20).

Sambung Taharuddin menyampaikan, pada hari yang sama, tepatnya pukul 17.00 WIB kemarin, salah satu pasien ODP tersebut, dari hasil Rapid Testny menimbulkan gejala sesak napas. Dan setelah dilakukan Rapid Test kembali ternyata yang bersangkutan pada hari ketujuh setelah dilakukan pemeriksaan yang pertama menimbulkan gejala antibodi di tubuhnya.

“Kemudian, tim medis pun berkesimpulan bahwa yang bersangkutan untuk segera dirawat inap di RSUD KH Daud Arif Kuala Tungkal dan menaikkan statusnya dari ODP menjadi PDP.

Lebih lanjut dirinya menyampaikan, dari hasil Rapid Test yang terakhir kemarin hasilnya memang sudah timbul gejala positif ada virus di tubuhnya.

“Hasil Rapid Test terhadap satu orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang bersangkutan dinyatakan positif ada virus di tubuhnya. Namun, virus tersebut belum dapat dipastikan apakah Covid-19 atau virus lainnya, yang pasti di tubuhnya ada virus,” jelasnya

Untuk langkah selanjutnya, terhadap pasien tersebut nantinya akan dilakukan Swab Test oleh tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi. Saat ini tim dari Jambi sedang dalam perjalanan menuju Kuala Tungkal.

“Swab Test ini dilakukan untuk mendeteksi apakah pasien tersebut terpapar virus corona (covid-19) dan untuk mengetahui apakah pasien tersebut positif atau negatif terinfeksi virus corona.

Untuk Swab Test ini yang bisa melakukan hanya di Balitbangkes di Jakarta. Untuk hasil Swab Test ini paling cepat akan keluar hasilnya 7 hari kedepan,” tukasnya

BACA JUGA : Apa Itu Rapid Test dan Swab Test untuk Covid-19

BACA JUGA : Sudah Tahukah Anda Perbedaan ODP, PDP, dan Suspect Virus Corona?

Untuk diketahui, Pasien PDP yang dirawat di RS KH Daud Arif Kuala Tungkal ini berinisial Perempuan dengan umur 47 Tahun dan merupakan warga Kuala Tungkal.

Dari riwayat perjalanan pasien PDP ini usai melakukan kunjungan atau bepergian dari Jakarta. (SJ)

Leave A Reply