Antisipasi Karhutla, Kapolres Tanjab Barat Tinjau Lokasi Embung dan Sekat Kanal di Desa Muntialo

0 94

Antisipasi Karhutla, Kapolres Tanjab Barat Tinjau Lokasi Embung dan Sekat Kanal di Desa Muntialo

SERAMBIJAMBI.ID, TANJAB BARAT – Antisipasi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Kapolres Tanjab Barat AKBP Guntur Saputro, S.IK, MH melakukan peninjauan lokasi Embung dan Sekat Kanal atau Drainase buatan sebagai bendungan/cadangan air dimusim kemarau, Rabu (26/2/20) bertempat di Jalan TMD RT. 09 Desa Muntialo Kecamatan Betara Kabupaten Tanjab Barat.

Adapun lokasi yang dilakukan pengecekan oleh Kapolres Tanjab Barat yakni pengecekan progress pembuatan Embung di lahan perkebunan milik Budi Hartono Kusuma, pengecekan Embung Desa Muntialo, dan pengecekan Sekat Kanal lahan Gambut Desa Muntialo.

Kapolres Tanjab Barat AKBP Guntur Saputro, S.IK, MH mengatakan kegiatan pengecekan embung dan sekat kanal tersebut sebagai tindak lanjut rencana aksi koordinasi kesiapan perusahaan perkebunan guna mencegah bencana Karhutla di wilayah Kabupaten Tanjab Barat,” katanya

Dalam kesempatan itu, Kapolres menyampaikan ucapan terima kasih kepada saudara Budi Hartono Kusuma atas dukungannya yang telah membuat embung swadaya pada lokasi lahan miliknya. Kapolres juga menyampaikan akan mensosialisasikan embung tersebut sebagai embung percontohan bagi perusahaan perkebunan lain sebagai langkah upaya pencegahan menghadapi Karhutla.

Selain itu, Kapolres juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Desa beserta masyarakat yang sudah bekerja sama dengan baik bersama Polri dan TNI untuk membuat sekat kanal dan pembuatan Embung Desa.

Dalam kesempatannya itu, Kapolres juga berpesan kepada seluruh masyarakat Desa Muntialo untuk bersama sama menjaga dan menyelamatkan lingkungan dengan langkah dan upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan,” pesan Kapolres

Turut hadir mendampingi Kapolres Tanjab Barat melakukan pengecekan tersebut yakni Kabag Ops Polres Tanjab Barat, Kasat Sabhara Polres Tanjab Barat, Kapolsek Betara, Babinsa Koramil Tungkal Ilir, Kepala Desa Muntialo, Ketua RT. 09 Desa Muntialo, Anggota BPBD Tanjab Barat, Anggota KMPA Tanjab Barat, dan Anggota TPP Tanjab Barat. (SJ).

Leave A Reply

Your email address will not be published.