Septic Tank Jadi Terpusat, Warga Kelurahan Parit Culum Satu Terbantu Dengan Pembangunan IPAL Komunal

0 101
Loading...

Septic Tank Jadi Terpusat, Warga Kelurahan Parit Culum Satu Terbantu Dengan Pembangunan IPAL Komunal

SERAMBIJAMBI.ID, TANJAB TIMUR – Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal di Kelurahan Parit Culum Satu, Kecamatan Muara Sabak Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi berdampak positif bagi warga setempat.

Ipal Komunal yang dibangun oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Dendang Jaya pada tahun 2019 ini, berdampak baik pada pembenahan septic tank warga yang saat ini menjadi terpusat.

Pembangunan IPAL Komunal untuk melayani 62 unit rumah warga di RT 03, RT 06 dan RT 07, Kelurahan Parit Culum Satu itu nantinya akan mengolah air limbah, agar dapat dibuang tanpa merusak lingkungan.

Kepala Satuan Kerja (Satker) Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Permukiman Kabupaten Tanjabtim, Khairil Fadli seusai melaksanakan rembug serah terima DAK Sanitasi penguatan kapasitas kelompok pemelihara dan pemanfaat (KPP) tahun anggaran 2019, Kamis 30 Januari 2020 sore mengatakan, IPAL Komunal merupakan solusi yang terbaik dalam mengatasi limbah rumah tangga di Kelurahan Parit Culum Satu, dan umumnya di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

“Foto bersama di acara rembug serah terima DAK Sanitasi penguatan kapasitas kelompok pemelihara dan pemanfaat (KPP) tahun anggaran 2019”

Fadli menjelaskan, khusus Ipal Komunal di Kelurahan Parit Culum Satu terdapat pemanfaat 62 rumah. Jumlah ini melebihi target awal yang telah ditentukan yakni sebanyak 50 rumah, hal tersebut dikarenakan pemukiman penduduk yang padat.

“Harapan kami dengan telah dibangunnya Ipal Komunal ini dapat meningkatkan kesehatan dari lingkungan masyarakat sekitar, yang dulunya warga menggunakan WC ceblug. Harapan kita rumah yang belum tersambung segera dapat tersambung Ipal Komunal, sehingga dapat mencegah limbah rumah tangga yang dapat merusak lingkungan,”ujar Khairil Fadli kepada serambijambi.id dilokasi Ipal Komunal.

Fadli menjelaskan, untuk di tahun 2019 terdapat 28 lokasi pembangunan Ipal Komunal di Tanjung Jabung Timur, khusus di Kecamatan Muara Sabak barat terdapat 5 Kelurahan yang mendapatkannya.

“Keinginan kami Ipal Komunal ini dapat bermanfaat bagi masyarakat. Kami ingin juga masyarakat nantinya mampu memanfaatkannya sebagaimana mestinya,”tukasnya.

Lurah Parit Culum Satu, Usman Sidik mengungkapkan, ia sangat mengapresiasi adanya pembangunan IPAL Komunal di Kelurahan Parit Culum Satu.

Ia menginginkan, dengan keberadaan IPA Komunal ini gejala demam berdarah yang kerap mendera masyarakat Kelurahan Parit Culum Satu tidak lagi terjadi.

“Atas nama masyarakat Kelurahan Parit Culum Satu kami menyambut baik atas pembangunan Ipal Komunal ini, karna Ipal Komunla Sangat berdampak baik baik bagi masyarakat kami,”ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KSM Dendang Jaya, Izhar Sarpawi menuturkan, pembangunan Ipal Komunal dan Perpipaan yang dananya bersumber dari APBN Senilai Rp 500 juta tersebut dapat diselesaikan sesuai dengan target yang direncanakan.

Selama proses pembangunan, yang dilaksanakan secara swakelola oleh masyarakat itu berjalan dengan baik. Menurutnya, tuntasnya pembangunan Ipal Komunal ini tidak telepas dari dukungan masyarakat Kelurahan Parit Culum satu serta semua pihak yang terkait.

“Kami selaku KSM dan pengurus sangat berharap kepada masyarakat untuk dapat merawat dengan baik Ipal Komunal ini. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Dinas Perkim Tanjabtim yang telah memberi kepercayaan pembangunan di Kelurahan Parit Culum Satu ini,”tukas Izhar Sarpawi menutup keterangannya. (Rano)

Loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.