Pasien di RS Jambi yang Diduga Terjangkit Virus Corona Merupakan TKA Asal China

0 118
Loading...

Pasien di RS Jambi yang Diduga Terjangkit Virus Corona Merupakan TKA Asal China

SERAMBIJAMBI.ID, JAMBI – Satu orang pasien diduga terjangkit virus Wuhan Pneumonia atau virus Corona yang tengah dirawat intensif diruang isolasi khusus di RSUD Raden Mattaher Jambi dipastikan bukan warga Jambi melainkan dari luar negeri atau warga negara asing (WNA) atau tenaga kerja asing (TKA) asal China.

Ha itu dipastikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Samsiran Halim yang juga merupakan Plt Direktur RS Raden Mattaher Jambi kepada awak media menyampaikan bahwa pasien tersebut bukan merupakan warga Provinsi Jambi.

“Informasinya memang orang luar yang baru masuk ke Jambi, infonya memang dari sana (China),” ungkapnya singkat, Senin (27/1/20).

Hal itu juga diperkuat dari informasi yang diperoleh serambijambi.id, dari salah satu pegawai Ditjen Imigrasi, bahwa mereka (pasien, red) tersebut merupakan tenaga kerja asing (TKA) asal China yang bekerja sebagai pengajar (guru, red) di salah satu sekolah swasta di Jambi,” ujar sumber yang namanya enggan disebutkan.

Sementara itu, ditempat terpisah, Plt Direktur RS Raden Mattaher, Samsiran Halim saat menggelar konferensi pers menyampaikan, kalau dari keterangan dokter ahli para pasien hanya ISPA biasa. Namun, pihak Rumah Sakit telah melakukan shock tenggorokan terhadap salah satu pasien perempuan inisial WDZ (26) yang diduga terkena virus Corona tersebut.

“Dan untuk hasil labornya dikirim ke Penelitian dan Pengembangan Menteri Kesehatan (Litbangkes) Kemenkes RI Jakarta. Sedangkan untuk hasilnya baru bisa diketahui selama 2 minggu kedepan, apa benar pasien tersebut dinyatakan positif atau negatif,” terangnya saat menggelar konferensi pers, Senin (27/1/20).

Lanjut Samsiran Halim menyampaikan, pasien tersebut memang dirujuk ke RSUD Raden Mattaher karena mengalami gejala flu dan demam setelah pulang liburan dari China. Pasien tersebut akan tetap dirawat dalam ruang perawatan isolasi dan ditangani petugas medis menggunakan alat perlindungan diri (APD) yang lengkap.

“Mudah-mudahan bukan terjangkit virus Corona, karena virus Corona inikan sangat berbahaya,” tandasnya.

BACA JUGA : Viral Ada Pasien di Jambi Diduga Terjangkit Virus Corona, Ini Kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi

Sementara itu, dari informasi yang dihimpun, pasien wanita yang diduga terinfeksi virus corona tersebut berasal dari Kota Xi An, China.

Kedatangannya ke Jambi, lantaran yang bersangkutan sebagai pengajar di salah satu sekolah swasta di Kota Jambi.

Sebelumnya, pada tanggal 21 Desember 2019 lalu, dia berkunjung ke Wuhan, China yang merupakan tempat asal virus corona.

Selanjutnya, usai dari Wuhan, pada tanggal 6 Januari 2020, dia kembali di Jambi. Namun, pada tanggal 25 Januari lalu, dia mengeluh sakit pada tenggorokannya.

Merasa tidak nyaman, dirinya kemudian berobat ke Rumah Sakit Siloam, Jambi. Dari hasil pemeriksaan, lantaran ada riwayat pernah melakukan perjalanan ke Wuhan, akhirnya diputuskan untuk dirujuk ke RSUD Raden Mattaher Jambi.

Saat ini pasien tersebut masih dirawat dalam ruang perawatan isolasi RSUD Raden Mattaher Jambi dan ditangani oleh petugas medis menggunakan alat perlindungan diri (APD) yang lengkap. (SJ)

Loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.