Aliansi Jurnalis Tanjab Timur Resmi Terbentuk

0 94

Aliansi Jurnalis Tanjab Timur Resmi Terbentuk

SERAMBIJAMBI.ID, TANJAB TIMUR – Kepengurusan Aliansi Jurnalis Kabupaten Tanjung Jabung Timur (AJT) resmi terbentuk dalam musyawarah bersama yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Dalam musyawarah itu, menghasilkan kesepakatan bahwa lahirnya AJT adalah bertujuan sebagai pemersatu para Jurnalis di Tanjabtim, dalam menjalin sinergitas dengan berbagai pihak, serta menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan Undang undang (UU) Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers serta Kode Etik Jurnalistik.

Dalam musyawarah ini terpilih sebagai pengurus dalam AJT periode 2020- 2023 adalah sebagai Ketua Dedi Saputra (TVRI Jambi), Wakil Ketua Agus Rasau (Jambi TV), Sekretaris Hipni (Aksipost) dan Bendahara Erikno Trianto (Kompas TV Jambi).

Sementara untuk struktur kepengurusan lainnya diantaranya :

1. Bidang Perencaan dan Pengembangan dengan Ketua Hendri Jamby (jambidaily.com) dan Anggota Arpandy (Jambi Independen).

2.Bidang Organisasi dan Kelembagaan dengan Ketua Kemas Damiri (Halo Jambi) dan Anggota Abdullah Usman (Tribun Jambi).

3. Bidang Evaluasi dan Monitoring dengan Ketua Arif (Tanjabnews) dan Anggota Ernita (Tribrata TV).

4. Bidang Sosial dan Kemasyarakatan dengan Ketua Maulana (Jambi ekspres) dan Anggota Rizal (Jambi one)

5. Bidang Humas dan Publikasi dengan
Ketua Eko Wijaya (hjneswtv.com) dengan anggota Gunawan (beritatanjabtim.id) dan Nanang (Metro Jambi).

Adapun sebagai pelindung Struktur organisasi Aliansi Jurnalis Tanjabtim diantaranya Bupati Tanjabtim H. Romi Hariyanto, SE, Wakil Bupati Tanjabtim H. Robby Nahliyansyah, SH, Sekda Tanjabtim Sapril. S.IP dan Kabag Humas Setda Tanjabtim Fajar Alamsyah, SE.

Sementara sebagai Penasehat diantaranya, Yudi Hariyanto, Arafik, Arie Suryanto, Suhaili (Bang Wiily), Beni Murdani dan Husin Armando.

Sebagai Ketua AJT yang terpilih, Dedi Saputra menaruh harapan besar agar AJT kedepan dapat menjalin komunikasi dan sinergitas dengan Pemkab Tanjabtim dan pihak swasta, guna mendukung penyebaran luasan informasi dalam mensukseskan pembangunan daerah.

Selain itu, putra asli Parit Culum itu juga mengajak para Kuli tinta di Tanjabtim untuk tetap menjalankan fungsi pers, yang salah satunya adalah fungsi Kontrolnya, tentunya dengan memberikan informasi yang bernilai positif, aktual dan tetap menjaga independensi.

“Saya berharap dengan terbentuknya AJT ini, kita bisa memperkuat kembali Solidaritas antar Wartawan, terutama yang tergabung dalam AJT. Selain itu melihat perkembangan diera disrupsi ini, wartawan mempunyai peran yang sangat strategis ditengah masyarakat maupun pemerintahan, dalam mewujudkan Pembangunan daerah yang cepat dan tepat dalam menyosong perubahan-perubahan yang fundamentalis,” ujar Dedi Saputra, Ketua AJT Terpilih, Selasa (31/12/19).

Dedi berujar, AJT akan Mengusung Visi Misi besar yaitu ‘Peran Jurnalis Diera Disrupsi Sebagai Corong Pembangunan Daerah’.

“Karna kita sadar betul wartawan harus mengambil bagian dari menyukseskan pembangunan daerah maupun pembangunan skala nasional,”ujar pria lulusan terbaik Jurusan Ilmu Jurnalistik IAIN STS Jambi angkatan tahun 2008 itu.

Dedi menambahkan, sejumlah program kegiatan mulai dari jangka pendek hingga jangka menengah saat ini telah direncanakan AJT.

Sementara itu, Arafik yang merupakan pendiri AJT, juga mengapresiasi terbentuknya kepengurusan organisasi profesi wartawan berskala lokal tersebut.

“Saya berharap AJT ini tidak disalahgunakan untuk hal-hal yang diluar peran dan fungsi organisasi,” tutur Pemilik Media Koran Sabak itu.

Untuk diketahui, Aliansi Jurnalis Tanjabtim akan segera mendeklarasikan keberadaannya di Kabupaten Tanjung Jabung Timur dalam waktu dekat. (Eco)

Leave A Reply