Wujudkan ASN Bebas Narkoba, Ratusan ASN Pemkab Tanjab Barat Mendadak di Tes Urine

0 39
Loading...

Wujudkan ASN Bebas Narkoba, Ratusan ASN Pemkab Tanjab Barat Mendadak di Tes Urine

SERAMBIJAMBI.ID, TANJAB BARAT – Komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjab Barat mewujudkan aparatur sipil negara (ASN) yang bebas dari narkoba. Karena, melalui ASN yang bersih dari narkoba, maka bisa dipastikan proses pelayanan kepada masyarakat bisa dijalankan secara optimal. Sebaliknya, bila ASN telah menjadi pecandu atau pemakai narkoba, maka juga bisa dipastikan kinerjanya sebagai pelayanan masyarakat pun akan semakin berantakan.

Dan, hari ini Bupati Kabupaten Tanjab Barat Dr. Ir. H. Safrial, MS kembali meminta kepada BNNP Jambi untuk melakukan tes urine terhadap ratusan ASN dan pejabat eselon, tes urine sendiri digelar secara mendadak, bertempat di gedung Balai Pertemuan Kantor Bupati Tanjab Barat, Senin (11/11/19).

Tes urine tersebut dilakukan dengan mengumpulkan sedikitnya sekitar 300 an ASN, yang acaranya dikemas atau dimulai dari acara pengambilan sumpah janji ASN dan pembinaan ASN. Camat dan lurah pun tak luput dari pemeriksaan urine tersebut.

Tes urine ini melibatkan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jambi. Sebagai contoh dan panutan, Bupati dan Wakil Bupati serta Sekda pun melakukan tes urine. Kemudian diikuti kepala OPD, Camat, lurah, guru dan ASN.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati, Safrial menegaskan ter urine berkala terhadap ASN sudah menjadi komitmen Pemerintah Kabupaten Tanjab Barat guna memberantas peredaran narkoba khususnya di tubuh Pemkab Tanjab Barat.

Kemudian tindakan tes urine dadakan ini sebagai aksi nyata dari ikrar ASN Tanjab Barat anti narkoba yang dideklarasikan pada HUT Korpri 2018 lalu. “Kita komitmen dan ingin pejabat kita terbebas dari narkoba,” kata Safrial.

Tentunya, dengan tes urine yang langsung dilakukan oleh BNNP, nanti akan terlihat. Mana yang terlibat sebagai pemakai narkoba dan mana yang bersih.

“Tapi, saya percaya seluruh pegawai ASN bersih narkoba. Namun bila ada yang positif narkoba akan ada sanksi sesuai aturan yang berlaku,” ujar Bupati

Sementara, Wakil Bupati, Amir Sakib, disela sela kegiatan tersebut mengatakan, tes urine ASN harus dilakukan mengingat saat ini narkoba telah mengancam semua kalangan termasuk ASN. Karena seharusnya ASN-lah merupakan panutan masyarakat sebagai cerminan pemerintah.

“Penyalahgunaan narkoba dipastikan merusak karakter dan mempengaruhi pada fungsi utama ASN itu sendiri,” katanya (Sj)

Loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.