Bupati Masnah Sambut Kedatangan Gubernur Jambi Fachrori Umar di Desa Pulau Mentaro ‘Peringati Hapernas Ke-12 Tahun 2019’

0 241
Loading...

Bupati Masnah Sambut Kedatangan Gubernur Jambi Fachrori Umar di Desa Pulau Mentaro ‘Peringati Hapernas Ke-12 Tahun 2019’

SERAMBIJAMBI.ID, MUARO JAMBI – Peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) Ke-12 Tahun 2019 dipusatkan di Desa Pulau Mentaro Kabupaten Muarojambi pada Rabu (18/9/19). Gubernur Jambi H. Fachrori Umar berkesempatan hadir dalam kegiatan tersebut.

Kedatangan orang nomor satu di Provinsi Jambi ini disambut oleh Bupati Muarojambi Hj Masnah Busyro. Turut hadir juga dalam acara tersebut Wakil Bupati Bungo Syafrudin Dwi Arianto, Wakil Wali Kota Sungaipenuh Zulhelmi, Kepala Sub Direktorat Hunian Berimbang Kementrian PUPR Taufik Khairudin, Kepala Dinas PUPR Jambi M Fauzi, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Muarojambi Riduwan dan Kepala OPD di lingkupan Pemkab Muarojambi.

Dalam sambutannya, Gubernur Jambi menyampaikan bahwa kegiatan peringatan Hapernas tahun ini mengambil tema “Mewujudkan Perumahan Rakyat Berbasis Komunitas”.

Gubernur juga menceritakan riwayat singkat terbentuknya Hapernas. Tak lupa, beliau juga menyampaikam komitmen penuh Pemprov Jambi dalam mewujudkan program pembangunan kawasan yang berkesinggungan langsung dengan masyarakat.

“Apresiasi untuk Kadis PUPR Jambi yang menginisiasi acara ini. Agenda ini sekaligus juga menjadi ajang mempererat silaturahmi untuk mewujudkan cita-cita bersama. Di mana kita secara bersama-sama berusaha semaksimal mungkin menciptakan kawasan pemukiman yang layak huni dan juga meningkatkan sinergitas pembangunan di Jambi,” kata Fachrori, Rabu (18/9/19).

Fachrori juga memaparkan bahwa saat ini, tingginya kebutuhan rumah layak huni masih belum bisa diimbangi, baik oleh masyarakat maupun dunia usaha dan pemerintah. Kebanyakan pemukiman masih disediakan secara mandiri oleh masyarakat.

“Kendala dalam penyediaam perumahan layak adalah keterjangkauam pembiayaan rumah. Proses pengajuan kredit perumahan memiliki persyaratan yang kompleks yang mungkin tidak bisa dipenuhi masyarakat. Pun demikian dengan tingkat suku bunga yang tinggi. Namun jangan berhiba hati dan tetap berdo’a serta berusaha. Di sinilah peran pemerintah untuk memberikan akses rumah layak bagi masyarakat,” urainya.

Fachrori berharap kegiatan ini bisa menjadi momentum pengurangan jumlah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Jambi menjadi Rumah Layak Huni (RLH).

“Kita berharap ini bisa jadi pemicu dalam percepatan pembangunan Perumahan dan pemukiman di Muarojambi dan Jambi pada umumnya. Dan tentunya bisa mengurangi jumlah RTLH di Jambi,” pungkasnya.

Sementara Bupati Muarojambi menyampaikan terima kasih atas bantuan peningkatan status tiga unit RTLH di Muarojambi menjadi RLH. Bupati berharap pada tahun anggaran mendatang, bantuan serupa bisa lebih banyak dikucurkan untuk Kabupaten Muarojambi.

“Desa Pulaumentaro dapat tiga bantuan rumah. Ini sangat membantu Muarojambi karena jumlah RTLH di Muarojambi masih cukup banyak. Mudah-mudahan tahun bantuan seperti ini bisa lebih banyak dikucurkan ke Muarojambi,” cetus Masnah.

Bupati juga mendukung Desa Pulaumentaro yang akan dijadikan pilot project desa unggulan kawasan pemukiman. “Mudah-mudahan ini bisa segera terwujud,” pungkasnya. (syah)

Loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.