Penyelesaian Tapal Batas Antara Desa Batang Kibul dan Desa Talentam Belum Menemukan Titik Temu

0 200
Loading...

Penyelesaian Tapal Batas Antara Desa Batang Kibul dan Desa Talentam Belum Menemukan Titik Temu

SERAMBIJAMBI.ID, MERANGIN – Polemik tapal batas antara Desa Batang Kibul dengan Desa Talentam yang telah terjadi beberapa tahun ini sebenarnya telah dilakukan dengan beberapa upaya perundingan, namun antara kedua Desa belum menemui kesepakatan.

Demi untuk menyikapi permasalahan ini, Pemerintah Kabupaten Merangin, Dinas Perizinan, BPN, Camat Tabir Barat, anggota DPRD Dapil II As Ari Elwakas, bersama dengan para tokoh masyarakat dari Dua Desa yang bersengketa melakukan dialog penyelesaian terkait masalah Tapal Batas, Kamis (22/08/19) di ruang Pola II Sekretariat Daerah Kabupaten Merangin.

Kabag Pem, A. Lazik, yang bertindak selaku moderator, dalam dialog tersebut meminta agar kedua belah pihak untuk menyelesaikan dengan arif dan bijaksana, agar masyarakat kedua Desa tidak ada yang di rugikan dan tidak terjadi permasalahan di lemudian hari.

“Permasalahan batas Desa ini, memang perlu kita selesaikan dan diperjelas, namun dalam penyelesaian ini kita harus gunakan dengan cara arif bijaksana, hal ini kita lakukan karena kedua desa masih ada ikatan tali darah dan nantinya masyarakat di kedua Desa tidak ada yang dirugikan.

Melalui perdebatan yang begitu panjang dan sangat sengit, para tokoh masyarakat kedua Desa yang hadir saling menyampaikan argumen masing-masing tentang kepemilikan wilayah Desa mereka.

Hasil sementara dari hasil dialog, Desa Batang Kibul mempertahankan wilayah dengan ketentuan kata adat mereka yaitu, golek batu cucu air, yakni bukit pematang panjang ke Bukit Tanduk sebelum HP.

Namun, menurut versi Desa Telentam, batas Batang Kibul dengan Telentam Muaro Sungai Jua Simpang 2 Ulu Batang Mikan menuju Lubuk Batu Pungguk, bahwa adalah wilayah milik Desa Telentam.

Dengan belum adanya titik temu dari hasil pertemuan yang dilakukan, maka penetapan tapal batas antara Desa Batang Kibul dengan Desa telentam akan dilakukan dikemudian hari, yang rencananya akan membawa semua tokoh tokoh masyarakat Kecamatan Tabir Barat. (Bas.R)

Loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.