Buka Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Satlinmas, Wabup Amir Sakib : Keberadaan Satlinmas Sangat Penting

0 192
Loading...

Buka Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Satlinmas, Wabup Amir Sakib : Keberadaan Satlinmas Sangat Penting

SERAMBIJAMBI.ID, TANJAB BARAT – Wakil Bupati Tanjab Barat Drs. H. Amir Sakib membuka secara resmi sosialisasi peningkatan kapasitas anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) tahun 2019, bertempat di Aula Kantor Camat Merlung, Selasa (16/7/19).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni, Kasat Pol PP Provinsi Jambi, Kasat Pol PP Kabupaten Tanjab Barat, Camat Merlung, Perwakilan Polsek Merlung, serta anggota Satlinmas selaku peserta sosialisasi.

Tujuan kegiatan sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, pembentukan sikap dan perilaku anggota Satlinmas di tingkat Desa dan Kelurahan di Kabupaten Tanjab Barat guna untuk meningkatkan kerjasama dan koordinasi antara Satpol PP Kabupaten Tanjab Barat maupun dengan instansi terkait TNI-Polri

Wabup Amir Sakib dalam sambutannya mengatakan dengan terbitnya Peraturan Mentri Dalam Negeri nomor 42 tahun 2017 tentang penyelenggaraan peningkatan kapasitas anggota Satlinmas pasal 1 ayat 3 yang merupakan ketentuan umum sesuai dengan peraturan yang dimaksud menyatakan bahwa peningkatan kapasitas anggota Satlinmas yang selanjutnya disebut peningkatan kapasitas adalah peningkatan kemampuan dan keterampilan anggota Satlinmas untuk melaksanakan tugas dan fungsinya melalui pengetahuan, keterampilan, pembentukan sikap dan perilaku serta kemampuan anggota Satlinmas.

“Satlinmas sendiri mempunyai beberapa fungsi, yakni membantu memelihara dan meningkatan kondisi serta tata tertib di kalangan masyarakat, membantu masyarakat menanggulangi dan mengurangi akibat yang ditimbulkan oleh gangguan keamanan dan bencana alam yang dapat mengakibatkan kerugian jiwa. Membantu masyarakat untuk mempertinggikan kesadaran hukum, daya tahan serta daya lawan masyarakat dalam mencegah dan menghadapi segala macam pelanggaran dan kejahatan.

“Keberadaan Satlinmas cukup vital karena tugasnya sangat penting yaitu, membantu dalam penanggulangan bencana, membantu keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat.

Untuk itu, guna mewujudkan hal tersebut tentunya diperlukan peningkatan kapasitas SDM Satlinmas dengan dibekali pengetahuan serta keterampilan secara berkala sesuai dengan kebutuhannya dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya.

“Dengan peran dan fungsi yang strategis tersebut, pemerintah tetap memiliki komitmen yang tinggi terhadap potensi Satlinmas agar dapat terus berdaya guna dan berhasil guna bagi masyarakat banyak dalam menunjang program pemerintah,” ujar Wabup Amir Sakib (Sj)

Loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.