Korban Terdampak Akibat Kebakaran Mengungsi di Rumah Anggota Kepolisian Polres Tanjab Barat

0 487
Loading...

SERAMBIJAMBI.ID, TANJAB BARAT – Musibah kebakaran yang terjadi di Jalan Jendral Gatot Subroto (Manunggal 1), RT. 11 Kelurahan Tungkal II, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjab Barat, Kamis (7/3/2019) sekira pukul 08.40 WIB, masih menyisahkan duka yang sangat mendalam.

Pasalnya, kebakaran tersebut menyebabkan rumah pak Darwis habis terbakar dan rumah pak Holidi mengalami rusak berat serta menyebabkan para penghuninya kehilangan tempat tinggal.

Sebelumnya beredar kabar dari beberapa warga bahwa rumah pak Darwis digunakan sebagai tempat tinggal atau rumah penampungan anak yatim piatu, hal itu dibantah oleh Ketua RT 11 Kelurahan Tungkal II, Ambok Lang, tidak benar itu, yang benar adalah 9 orang anak tersebut  adalah Piatu, cucu dari Darwis.

“Tidak benar, Itu adalah cucunya 9 orang, Pak Darwis dan Istri ada 3 orang anaknya jadi totalnya 14 orang. Bukan rumah penampungan itu tidak benar, 9 orang itu cucu pak Darwis, anak-anak dari Akbar yang istrinya sudah meninggal. Akbar itu anak dari Pak Darwis. Jadi di rumah pak darwis itu dihuni oleh 14 orang, yang mana dihuni oleh pak darwis dan istrinya serta 3 anaknya dan 9 cucunya,”Jelas Ambo Lang, Ketua RT 11 Kelurahan Tungkal II,  melalui sambungan Telpon (Kamis, 07/03/19).

Lebih lanjut Ambok Lang menjelaskan, Pak Darwis ini mempunyai anak bernama Akbar, dan akbar ini mempunyai anak 9 orang. Sebelumnya Akbar itu mengontrak rumah dan setelah Istri akbar ini meninggal dunia mereka (Akbar dan 9 anaknya) kemudian diajak pak Darwis tinggal bersama dirumahnya.  “Saat ini keluarga pak Darwis yang merupakan korban terdampak akibat kebakaran tersebut mengungsi di rumah Pak Muhaimin, Anggota Polres Tanjab Barat,” jelas Ambok Lang

Terpisah, Kepala BPBD Tanjab Barat, Drs H Kosasih dikonfirmasi serambijambi.id via sambungan telpon seluler mengatakan, bahwa saat ini anak-anak dan keluarga penghuni rumah pak darwis mengungsi ke rumah salah satu anggota Kepolisian Republik Indonesia, Polres Tanjab Barat.

“Kami belum menanyakan keterangan lebih lanjut kepada pak Darwis dan Istri karena masih dalam kondisi Syok belum stabil atas peristiwa yang menimpa. Namun anak-anak saat ini berada di rumah Iptu Muhaimin, Kasubbag Dagar Ren Polres Tanjab Barat.

Untuk kedepan belum diketahui pasti akan ditempatkan kemana anak-anak tersebut, wacana dilokasi akan dilakukan peminjaman salah satu gedung milik Pemkab Tanjab Barat, tetapi kepastiannya masih dalam proses dan juga kami belum menanyakan keterangan lebih lanjut kepada pak Darwis dan Istri,” Jelas Drs H Kosasih.

Sementara, Iptu Muhaimin, Kasubbag Dagar Ren Polres Tanjab Barat dikonfirmasi via telpon seluler membenarkan bahwa anak anak dan keluarga pak darwis mengungsi di rumahnya.

“Ia tidak mempersoalkan hal tersebut, menurutnya kita sebagai manusia itu diwajibkan untuk saling tolong menolong. Sudah menjadi kodratnya bahwa manusia diciptakan untuk bisa saling tolong menolong dan membantu satu sama lain, apalagi kepada mereka yang sedang mengalami kesulitan,” ucapnya kepada serambijambi.id

BACA JUGA : Kebakaran Kembali Melanda Kuala Tungkal, 19 Jiwa Kehilangan Tempat Tinggal

Kebakaran pada Kamis, (7/03/19) yang terjadi sekira Pukul 08.40 WIB tersebut menyebabkan 1 unit rumah milik bapak Darwis habis terbakar dan 1 unit rumah milik bapak Holidi mengalami rusak berat. “Api pertama kali muncul dari ruangan tengah rumah bapak Darwis, kemudian api membesar dan menjalar ke rumah bapak Holidi. Tidak lama kemudian pemadam kebakaran (Damkar), BPBD Tanjab Barat dan Yayasan Budhi Luhur tiba dilokasi untuk membantu memadamkan api.

“Setelah kurang lebih satu jam petugas berupaya melakukan pemadaman, akhirnya sekira pukul 10.00 WIB api dapat dipadamkan oleh petugas Damkar Tanjab Barat, BPBD Tanjab Barat dan Yayasan Budhi Luhur dengan dibantu oleh Personil Polres Tanjab Barat, Polsek Tungkal Ilir, Kodim 0419/Tanjab, Satpol PP Tanjab Barat, dan masyarakat sekitar lokasi,” Terang Kapolres Tanjab Barat AKBP ADG Sinaga, S.IK melalui Kapolsek Tungkal Ilir Iptu Sumarno Berutu SH.

Lebih lanjut Kapolsek mengatakan, untuk penyebab kebakaran masih belum diketahui, saat ini masih dalam penyelidikan. “Dan, tidak adak korban jiwa atas kejadian kebakaran tersebut serta untuk kerugian materil belum dapat ditaksir,” tutur Kapolsek Tungkal Ilir (Sj)

Loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.