Maknai Semangat Kemerdekaan, SKK Migas – PetroChina Raih Penghargaan di Bidang Ketenagakerjaan 

0

Maknai Semangat Kemerdekaan, SKK Migas – PetroChina Raih Penghargaan di Bidang Ketenagakerjaan 

 

SERAMBIJAMBI.ID, Kota Jambi – Negara Kesatuan Republik Indonesia genap berusia 76 tahun. Usia yang mapan bagi suatu bangsa dan negara. Dalam peringatan HUT ke-76 RI tahun 2021 ini, tema besar yang diusung adalah “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”. Tema tersebut merupakan cerminan bahwa setiap individu harus optimis untuk mencapai Indonesia Maju.

Guna mencapai hal tersebut, Pemerintah Provinsi Jambi terus mengupayakan kebutuhan tenaga kerja melalui pemagangan atau pelatihan kepada calon tenaga kerja, untuk meningkatkan skill atau keterampilan sesuai standar yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Salah satunya pada Kamis (29/7/21), Gubernur Jambi Al Haris secara langsung menutup Pemagangan Dalam Negeri 2021 serta menyerahkan penghargaan bidang ketenagakerjaan kepada perusahaan dan penyerahan santunan kepada ahli waris tenaga kerja yang mengalami kecelakaan yang berlangsung di DISNAKERTRANS Provinsi Jambi.

Dalam hal ini, sebagai perusahaan yang mengambil andil penting di Provinsi Jambi, PetroChina International Jabung Ltd. menerima penghargaan terkait bidang ketenagakerjaan. Dalam acara serah terima penghargaan, Govrel PetroChina International Jabung Ltd., Yulian, turut hadir secara resmi mewakili manajemen perusahaan.

BACA JUGA :

Satu diantaranya yakni meraih kategori platinum dalam pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di tempat kerja. Penghargaan ini merupakan bukti PetroChina tanggap terhadap penanggulangan Covid-19. PetroChina masih menerapkan kebijakan bekerja dari rumah bagi sebagian pekerja. Meskipun berada di rumah, seluruh pekerja tetap diwajibkan memberikan laporan suhu tubuh dan epidemiologi sebanyak tiga kali sehari.

Melalui Gugus Tugas Covid-19 dan para mitra kerja lainnya, PetroChina telah menyalurkan bantuan pencegahan Covid-19 bagi para pekerja medis dan masyarakat di Jakarta dan Jambi. Bantuan ini meliputi APD, masker medis, paket sembako, serta sarana cuci tangan di tempat umum. PetroChina juga ikut mendukung program disinfeksi bagi masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah operasi.

Tidak hanya itu, PetroChina International Jabung Ltd. menerima “Zero Accident Award” tahun 2021 tingkat Provinsi Jambi untuk dua kategori, yakni di bagian produksi dan service, serta di bagian eksplorasi dan pemboran.

Penyerahan penghargaan tertinggi untuk perusahaan yang sukses menciptakan nol kecelakaan kerja di lingkungan kerja perusahaan tersebut dilakukan pada Kamis (29/7/2021), di kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi.

Apresiasi bagi PetroChina International Jabung Ltd. diserahkan oleh Gubernur Jambi Al Haris, kepada Govrel PetroChina International Jabung Ltd., Yulian.

Govrel PetroChina International Jabung Ltd., Yulian menyatakan, untuk mendapatkan “Zero Accident” bukanlah pekerjaan yang mudah, semua itu memerlukan kebersamaan dan kebulatan tekad dari berbagai pihak terkait khususnya pengusaha, tenaga kerja, ahli keselamatan dan kesehatan kerja, serta pengawas tenagakerjaan.

“Untuk menciptakan lingkungan kerja yang “Zero Accident” itu perlu proses yang bukan satu hari atau 10 tahun, tetapi dibutuhkan proses yang terus menerus,” ujarnya.

Sementara itu, pelaksanaan program K3 bukan hanya diperuntukan di tempat kerja perusahaan sektor formal, namun juga diterapkan untuk usaha sektor informal dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

PetroChina International Jabung Ltd. yang memiliki dua wilayah operasi yakni di Kecamatan Geragai Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat, sukses menjadi perusahaan yang bisa mencatat “Zero Accident” di lingkungan kerja.

PetroChina menyatakan komitmen untuk menegakkan K3 di lingkungan kerja dan masyarakat sekitar. Berbagai upaya dilakukan untuk menciptakan keselamatan dan kesehatan kerja, salah satunya melalui program pelatihan di setiap unit dan juga melibatkan masyarakat. Selain itu, PetroChina juga rutin menggelar berbagai kegiatan sosialisasi dan workshop tentang kesehatan pekerja di perusahaan.

Diketahui, “Zero Accident Award” 2021 adalah bentuk apresiasi Pemerintah kepada perusahaan-perusahaan di Provinsi Jambi yang menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) bagi pekerja. Penyerahan penghargaan “Zero Accident Award” diharap dapat memotivasi pekerja, pengusaha, perusahaan dan berbagai pihak terkait agar menerapkan K3 di lingkungan kerja. Penerapan K3 juga diharap dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan tenaga kerja.

Dalam hal ini, program “Zero Accident” merupakan tanda penghargaan K3 yang diberikan Pemerintah Provinsi Jambi kepada manajemen perusahaan yang telah melaksanakan K3, sehingga mencapai nilai kecelakaan nihil.

Pada kesempatan penyerahan penghargaan, Gubernur Jambi, Al Haris turut mengucapkan selamat kepada perusahaan yang telah memperoleh penghargaan dari Menteri Ketenagakerjaan RI berupa Nihil Kecelakaan Kerja, dan perusahaan yang menerapkan perlindungan pekerja yang tepapar HIV-AIDS di tempat kerja.

Gubernur Jambi mengingatkan dan mengucapkan terima kasih bagi perusahaan yang telah menerapkan protokol kesehatan ketat di tempat kerja dalam penanganan Covid-19.

“Penanganan Covid-19 adalah tugas kita bersama, dan peran perusahaan terhadap pencegahan Covid-19 ini sangat diharapkan,” ujarnya. (*)

Comments
Loading...