Tradisi Pedang Pora Sambut Kapolres Tanjab Barat AKBP Muharman Arta

0 86

Tradisi Pedang Pora Sambut Kapolres Tanjab Barat AKBP Muharman Arta

SERAMBIJAMBI.ID, TANJAB BARAT – Prosesi penyambutan Kapolres Tanjab Barat yang baru AKBP Muharman Arta, S.IK disambut dengan tradisi Pedang Pora, Sabtu (14/8/2021). Penyambutan Kapolres baru tersebut dimulai dari gerbang Mapolres Tanjab Barat hingga menuju depan lobby Mapolres.

Acara penyambutan Kapolres Tanjab Barat yang baru dihadiri oleh AKBP Guntur Saputro, S.IK, MH, Wakil Bupati Tanjab Barat, Forkopimda Tanjab Barat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta tamu dan undangan lainnya.

Dalam penyambutan itu, dua orang anak berseragam polisi mengalungkan bunga sebagai tanda penghormatan dan selamat datang di tempat tugas yang baru kepada AKBP Muharman Arta, S.IK

Pada acara itu, sejumlah perwira dari Polres Tanjab Barat dan Kodim 0419/Tanjab membentuk barisan saling berhadapan di pintu masuk mapolres sambil menghunus pedang.

Kapolres yang baru beserta istri kemudian berjalan perlahan, melewati barisan perwira tersebut. Satu persatu pedang diangkat ke atas dengan disilangkan membentuk gerbang. Diiringi musik dan taburan bunga kapolres melangkah maju hingga melewati akhir barisan.

Dengan demikian tongkat komando Kapolres Tanjab Barat berpindah dari AKBP Guntur Saputro, S.IK, MH kepada pejabat baru AKBP Muharman Arta yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit III Ditreskrimum Polda Riau.

Sedangkan AKBP Guntur Saputro, S.IK, MH resmi alih tugas menempati jabatan baru sebagai Kapolres Bungo.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada semua jajaran Polres Tanjab Barat, selama 19 bulan telah didukung dalam tugas. Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh rekan rekan sekalian. Kami dan keluarga juga mohon maaf apabila ada yang tidak berkenan selama tugas di Polres Tanjab Barat,” ujar AKBP Guntur Saputro, S.IK, MH

Pada acara yang sama, AKBP Muharman Arta, S.IK dihadapan para pejabat utama dan anggota Polres Tanjab Barat memohon dukungan selama mengemban amanah di Tanjab Barat.

“Saya mohon dukungan dari semua jajaran Polres Tanjab Barat. Kepada Abang Abang dan seluruh rekan rekan semoga makin sukses mengemban amanah di tempat yang baru.

Untuk kedepan, Insya Allah saya bisa meneruskan kebersamaan, kemitraan apa yang telah dibangun oleh Pak Guntur. Saya berharap tetap dapat menyambung silahturahmi dengan rekan rekan sekalian. Mohon dengan sangat dukungan dari rekan rekan selama saya mengemban amanah di Tanjab Barat,” kata AKBP Muharman Arta, S.IK

Setelah tradisi pedang pora selesai, acara dilanjutkan dengan laporan kesatuan dari Kapolres lama kepada Kapolres baru di Aula Sarja Arya Racana. Kemudian dilanjutkan dengan acara Kenal Pamit dan diakhiri dengan acara prosesi pelepasan Gerbang Pora atau prosesi pelepasan Kapolres lama, AKBP Guntur Saputro, S.IK, MH (SJ)

Leave A Reply