Sengketa Pilkades Desa Benteng Dibawa ke Tingkat Kabupaten

0 167

Sengketa Pilkades Desa Benteng Dibawa ke Tingkat Kabupaten

SERAMBIJAMBI.ID, MERANGIN – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Benteng Kecamatan Sungai Manau yang menjadi perdebatan dan sangketa antara kedua pasangan akhirnya dibawa ke tingkat Kabupaten.

Penyelesaian sengketa Pilkades Desa Benteng itu digelar di ruang pola Kantor Bupati Merangin, Senin (11/01/21), dan dihadiri oleh Bupati Merangin, anggota DPRD Merangin, Sekda, Kadis PMD, Kepala Inspektorat, Kasat Pol PP, Kabag hukum, Camat Sungai Manau, Kapolsek Sungai Manau, Koramil Sungai Manau, Panitia Pilkades serta kedua Calon Kepala Desa.

Pilkades serentak di Kabupaten Merangin baru baru ini, yang mana Pilkades Desa Benteng terjadi polemik, dimana Calon Kepala Desa (Cakades) memprotes hasil penghitungan, penetapan suara sah dan atau suara yang tidak sah.

Pada saat penghitungan suara, terjadi perdebatan antara dua Cakades mengenai adanya surat suara yang terdapat dua lobang bekas coblosan.

Perdebatan tersebut kemudian dibawa ke tingkat Kecamatan, namun tidak juga menemui kesepakatan, akhirnya sengketa Pilkades tersebut diselesaikan di tingkat Kabupaten.

Dalam menyikapi permasalahan sengketa Pilkades, maka semua permaslahan harus dilihat secara jernih. Hal ini seperti yang di ungkapkan oleh Bupati Merangin H Al Haris.

“Kita semua harus melihat hal ini dengan jernih, sehingga akan menghasilkan keadilan yang hakiki untuk semua calon kades tersebut.

Untuk terciptanya rasa keadilan, maka ditengah forum yang dihadiri oleh seluruh instansi terkait maka dilakukanlah penghitungan suara ulang,” jelas Bupati Merangin

Kedua kotak surat suara hasil pemilihan Kepala Desa Benteng akhirnya dibuka dan dilakukan penghitungan ulang dengan disaksikan oleh seluruh anggota Forum (Unang Siska)

Leave A Reply