Babinsa Suka Karya Motivasi Aparat Kelurahan dan Masyarakat Benahi Bangunan Liar Diatas Drainase Cegah Banjir

0 6

Babinsa Suka Karya Motivasi Aparat Kelurahan dan Masyarakat Benahi Bangunan Liar Diatas Drainase Cegah Banjir

 

– BMKG memprediksi kawasan Indonesia akan memasuki fase puncak musim hujan pada awal tahun 2021. Musim hujan akan mulai berlangsung secara bertahap pada bulan Oktober 2020, terutama di wilayah barat di Indonesia.

 

BMKG juga memperingatkan perlu ada kewaspadaan karena musim hujan terjadi lebih awal dan curah hujan juga lebih tinggi dari rerata biasanya. Sehingga berpotensi beberapa wilayah mengalami rawan bencana banjir dan tanah longsor.

 

Untuk mencegah dan mengantisipasi kerawanan tersebut, diperlukan langkah-langkah berupa kebijakkan yang strategis, minimal pelibatan masyarakat secara aktif.

 

Kiprah Babinsa di wilayah binaan dituntut mampu mensosialisasikan peringatan BMKG tentang dampak datangnya puncak musim penghujan sekaligus mampu berinovasi memberikan sumbang saran kepada aparatur kelurahan sehingga semua kerawanan mampu diantisipasi.

 

Strategi pendekatan komunikasi mulai diterapkan oleh Serma R. Manihuruk, salah seorang Babinsa kelurahan Suka Karya Koramil 415-09/Telanaipura Kodim 0415/Batanghari. Manihuruk mencoba memberi motovasi kepada aparat kelurahan dan masyarakat untuk bisa membenahi dan merapikan bangunan liar yang berada diatas drainase (saluran air).

 

Aksi nyata mulai diterapkan dengan melakukan penertiban bangunan liar dan jamban yang berada diatas drainase di lingkup Rt. 7 dan Rt. 13 Kelurahan Suka Karya Kecamatan Kotabaru kota Jambi, Jumat (20/11/2920).

 

Menurut Manihuruk banjir terjadi karena lahan resapan air yang sudah berubah fungsi, dangkal dan sempitnya saluran air, serta adanya faktor penghambat aliran air berupa bangunan-bangunan liar diatas drainase dan adanya sampah yang dibuang tidak pada tempatnya.

 

Danramil 415-09/Telanaipura Mayor Inf Widi Purwoko, SE mengapresiasi kiprah Babinsa yang mampu melihat situasi kemudian mengambil langkah antisipasi. Menurutnya motivasi kerja dalam bentuk aplikasi nyata sangat diperlukan dalam rangka menjaga kemungkinan timbulnya dampak kerugian.

 

Danramil juga akan memastikan kepada anak buahnya untuk melakukan kegiatan serupa di wilayah yang menjadi tanggung jawabnya. (Red/Syah)

Leave A Reply