Kabupaten Muaro Jambi Jadi Tempat Studi Tiru Pengelolaan Tata Ruang

0 27
Loading...

Kabupaten Muaro Jambi Jadi Tempat Studi Tiru Pengelolaan Tata Ruang

SERAMBIJAMBI.ID, MUARO JAMBI – Kantor Dinas PUPR Kabupaten Muaro Jambi, Jum’at (14/02/20) pagi didatangi tamu dari beberapa OPD dari Pemerintah Kabupaten Tebo. OPD tersebut di antaranya dinas PUPR, Bappeda dan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (DPMPTSP Kop UMKM) Kabupaten Tebo.

Kedatangan rombongan ini diterima langsung oleh Kepala Dinas PUPR Muaro Jambi Yultasmi didamping Kepala Dinas DPMPTSP Fauzi Darwas dan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Muaro Jambi yang diwakili oleh salah satu Kabidnya Billy.

“Kedatangan mereka ke tempat kita ingin sharing atau berbagi pengetahuan tentang pengelolaan tata ruang. Semacam studi tiru karena menurut mereka kita dijadikan semacam role model atau percontohan pengelolaan tata ruang yang baik,” sebutnya.

Terkait pengelolaan tata ruang sendiri, Muarojambi dalam rentang dua tahun terakhir sudah memiliki tim khusus. Tim ini tidak hanya dari Dinas PUPR namun juga melibatkan OPD terkait yakni Bappeda, Perizinan dan juga dinas Perkim dalam satu Sekretariat di PUPR.

“Tim inilah yang mengkaji landasan hukum serta menjaga kepentingan publik seperti apa. Bagaimana caranya agar kehendak perusahaan bisa dilaksanakan dan keinginan publik tetap terlaksana namun tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku,” paparnya.

Dalam pertemuan tersebut terjadi diskusi menarik tentang perencanaan dan pengelolaan tata ruang. Bagaimana caranya investor bisa berinvestasi di daerah sesuai aturan yang berlaku dan tidak menyalahi sehingga berpotensi bersinggungan dengan hukum. Dari mulai hal terkecil seperti rekomendasi hingga redaksional dalam rekomendasi tersebut agar tidak menyalahi aturan yang lebih tinggi.

“Bagaimana caranya kearifan lokal terpenuhi namun juga investasi jalan terus. Filternya tentu berada di perizinan. Di sinilah fungsinya tim khusus ini bekerja, kami sudah sarankan ke mereka agar membentuk tim khusus ini,” pungkasnya. (Romi)

Loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.