Abrasi Ancam Pemukiman Warga di Desa Kuala Simbur

0 31
Loading...

Abrasi Ancam Pemukiman Warga di Desa Kuala Simbur

SERAMBIJAMBI.ID, TANJAB TIMUR – Permukiman masyarakat di wilayah pesisir Desa Kuala Simbur, Kecamatan Muara Sabak Timur, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi saat ini terancam abrasi akibat gelombang air laut pasang yang terus menerus menggerus wilayah desa pesisir tersebut.

Pengamatan di lokasi, sepanjang wilayah pesisir Desa Kuala Simbur yang terletak di dua dusun, terdiri dari dusun nelayan satu dan dusun bahari satu saat ini terus diterpa gelombang air laut pasang.

Kepala Desa Kuala Simbur, Juhaifah mengatakan, ia mengaku telah melaporkan abrasi yang telah terjadi sejak belasan tahun lalu itu ke pemerintah daerah sejak lama, namun hingga kini belum mendapat tanggapan.

Ia menuturkan, masyarakat di Desa Kuala Simbur sangat berharap perhatian dari pemerintah untuk pembangunan turap atau tanggul penahan ombak sepanjang 1 kilometer.

”Pembangunan turap dimaksudkan agar Pemukiman warga kami tidak lagi terdampak abrasi,” katanya, Kamis 6 Februari 2020

Selama terjadinya abrasi, tidak sedikit rumah masyarakat di Desa Kaula Sumbur yang menjadi korban. Sejauh ini abrasi telah mengikis wilayah pantai desa setempat hingga 150 meter.

Ratusan permukiman masyarakat desa Kuala Simbur yang sebagian besar Bekerja sebagai nelayan saat ini juga terancam karena air laut sudah berada dekat dengan pemukiman mereka.

Juhaifah menjelaskan, jika abrasi terus terjadi dan mengikis wilayah pantai, maka permukiman warga akan terancam, oleh karenanya, ia berulangkali meminta pemerintah setempat segera membangun pemecahan ombak.

“Untuk mengantisipasi ancaman abrasi masuk melanda permukiman penduduk di pesisir pantai Desa Kuala Simbur, “tukas Juhaifah. (Rano)

Loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.