Diskoperindag Terus Geliatkan Koperasi dan UKM di Muaro Jambi, Begini Caranya

0 98
Loading...

Diskoperindag Terus Geliatkan Koperasi dan UKM di Muaro Jambi, Begini Caranya

SERAMBIJAMBI.ID, MUARO JAMBI – Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Muaro Jambi, terus berupaya memajukan koperasi dan UKM yang ada di Muaro Jambi. Di awal tahun anggaran 2020 ini, berbagai kegiatan demi menopang dan terus menggeliatkan koperasi dan UKM di Bumi Sailun Salimbai mulai digeber.

Kepala Diskoperindag Muarojambi Nur Subiyantoro melalui Kabid Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Sudirman M.Pd, menyebut pihaknya sangat concern untuk terus mengembangkan dunia koperasi dan UKM di Muarojambi. Mengawali kegiatan mereka di tahun anggaran 2020 ini, mantan komisioner KPUD Muarojambi ini langsung mengumpulkan kasi dan stafnya untuk merumuskan kegiatan selama tahun anggaran 2020, baik kegiatan yang didanai APBD maupun APBN.

“Selain itu, baru-baru ini kita juga sudah bersilaturahmi dengan koperasi dan UKM di Kecamatan. Di antaranya Kecamatan Bahar Group (meliputi Sungai Bahar, Bahar Utara dan Bahar Selatan) dan Kecamatan Kumpeh Ulu. Kita mendengarkan aspirasi dan keluhan mereka. Ini akan menjadi catatan serta acuan kita nantinya untuk mendeteksi persoalan dan merumuskan pengembangan koperasi dan UKM di Muaro Jambi,” kata Sudirman Kamis (30/1/20).

Meski belum sebulan dilantik pada jabatan barunya, Sudirman langsung tancap gas untuk memajukan koperasi dan UKM di Muaro Jambi. Selain silaturahmi dengan para Koperasi dan UKM, beliau juga beraudiensi dengan tokoh yang dianggap memiliki kemampuan mumpuni dalam bidang ini salah satunya adalah dengan pihak Akademisi.

“Kita juga melakukan audensi dengan Rektor UIN yang diwakili Warek II Dr As’ad Isma M.Pd, untuk menjajaki pembinaan lisensi pelaku UKM dan juga pematangan Rencana Seminar Nasional Koperasi UKM,” jelasnya.

Di Muaro Jambi sendiri, lanjut Sudirman, tak kurang ada sekitar 150 koperasi aktif. Ke depan, sebagai langkah strategis memajukan Koperasi, Diskoperindag pun berencana menggelar rapat akbar konsolidasi koperasi se-Kabupaten Muaro Jambi.

“Rapat Akbar ini nantinya akan dihadiri oleh seluruh pengurus dan badan pengawas koperasi aktif di Muaro Jambi. Targetnya untuk penguatan optimalisasi peran koperasi sebagai soko guru atau tulang punggung perekonomian nasional,” jelasnya

Pun demikian halnya dengan dunia UKM. Diskoperindag akan lakukan pendampingan bagi para pelaku UKM di Muaro Jambi. “Untuk pelaku UKM kita akan berikan pendampingan untuk penguatan peran dan fungsinya sebagai pilar ekonomi Nasional,” kata dia.

Menurut pria yang juga tokoh nasional Sepaktakraw ini, untuk memajukan koperasi dan UKM tak melulu melalui dana yang bersumber dari dari APBD dan APBN. Bisa juga melalui pihak yang peduli dengan dengan Koperasi dan UKM.

“Untuk itu, kita sebagai pelayan publik bidang Koperasi UKM membuka ruang seluas-luasnya untuk koordinasi, konsultasi bagi koperasi dan UKM serta semua pihak untuk memberikan kontribusi bagi peningkatan ekonomi rakyat,” pungkasnya. (Romi)

Loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.