Kreativitas Menembus Batas, Limbah Kayu Disulap Menjadi Miniatur Kapal

0 110
Loading...

SERAMBIJAMBI.ID, TANJAB BARAT – Kreativitas menembus batas. Limbah kayu yang selama ini hanya dibuang dan dipandang sebelah mata ternyata di tangan bapak Nazarudin, salah seorang warga Rt. 14 Kelurahan Kampung Nelayan, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjab Barat, limbah kayu tersebut bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan miniatur kapal.

Ditangan bapak Nazarudin limbah kayu disulap dan diolah menjadi kerajinan. Dari kerajinan yang dibuatnya memunculkan produk seni berupa miniatur kapal yang dapat menambah penghasilan ekonomi keluarganya.

“Pekerjaan saya sehari-hari membantu istri membuat kerupuk, kadang kadang juga betukang (bangunan, red). Awalnya saya ini pernah melaut juga waktu bujangan dulu, sudah puluhan tahun yang lalu.

Selain kegiatan sehari hari, saya membuat miniatur kapal dari limbah kayu bekas. Bahan bahan yang digunakan yakni bekas bahan sisa sisa potongan kayu.

Untuk ukuran yang besar, pengerjaaannya bisa memakan waktu 20 hari. Untuk harga penjualan bervariasi ada 1juta, 800rb dan ada yang 700rb,” Kata Nazarudin

Untuk pembeli kebanyakan dari Kuala Tungkal, yang dari jauh adalah kemarin beli 4 buah. “Barang kaya’ gini tu ibaratnya yang uji cuma yang mau beli, kalau yang tak ade uji tu, tak adelah die mau beli yang kaya’ gini,” candanya

Ide pertama berawal hanya merasa kepingin untuk dipajang di rumah. Jadi hasilnya bisa dijual. Apabila kedepannya maju, bisa kita tingkatkan lebih mantap lagi dari yang sekarang,” tuturnya

Bagi masyarakat yang berminat dengan miniatur kapal tersebut, bisa pesan atau datang langsung ke rumah Bapak Nazarudin di Rt. 14 Kelurahan Kampung Nelayan, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjab Barat, Provinsi Jambi. (Sj)

Sumber video : https://bit.ly/2Sqf3SI

Loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.