Pimpin Upacara Peringatan HPSN 2019, Ini Pesan Kapolda Jambi

0 206
Loading...

SERAMBIJAMBI.ID, JAMBI – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jambi Irjen Pol Drs Muchlis AS, MH memimpin upacara peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019 bertempat di pembuangan akhir (TPA), Talang Gulo, Kamis (21/2/19).

Dalam sambutannya Kapolda Jambi mengatakan, penyelenggaraan upacara dalam rangka memperingati hari peduli sampah Nasional 2019 ini merupakan sebuah refleksi dalam kehidupan sebagai produsen dan konsumen, dalam penerbitan dan pengelolaan sampah sehari-hari.

“Peringatan hari peduli sampah nasional 2019 ini, sekaligus sebagai upaya mengingat dan melihat atas apa yang telah diperbuat, agar semakin baik dan bijak dalam pengelolaan sampah atau limbah sampah rumah tangga, sebagai upaya untuk melindungi bumi dari segala dampak buruk sampah dan pencemaran lingkungan serta kesehatan,” ujarnya.

Ditambahkan Kapolda, menurut undang-undang Nomor 18 tahun 2008, pengelolaan sampah didefinisikan sebagai kegiatan yang sistematis menyeluruh dan berkesinambungan yang meliputi pengurangan dan penanganan sampah. Kegiatan pengurangan meliputi pembatasan timbunan sampah, pendauran ulang sampah dan atau pemanfaatan kembali sampah. Sedangkan kegiatan penanganan meliputi pemilihan, pengumpulan, pengangkutan, pengelolaan, pemrosesan akhir sampah.

Berdasarkan hasil survei situs Forbes, Indonesia merupakan salah satu dari lima negara Asia yang membuang sampah plastik ke laut terbanyak, dibandingkan dengan negara-negara lain di seluruh dunia,” sebut Kapolda

Dilanjutkan Kapolda bukan sekedar masalah Asia saja. Persoalan mengenai bahaya limbah plastik merupakan masalah dunia. Sementara di Kota Jambi menurut data sistem informasi pengelolaan sampah nasional atau Kementerian lingkungan hidup adalah sebesar 279 ton perhari.

Kapolda Jambi mengharapkan, di tahun 2025 yang akan datang agar dapat membudayakan gaya hidup 3 R yaitu Reduce, Reuse dan Ricycle. Dan dalam hal ini Polda Jambi dan jajaran staf seluruh elemen masyarakat, telah melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka peringatan hari peduli sampah nasional 2019,” tutup Kapolda. (*ms/Syh)

Loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.