BKSDA Pantau Pergerakan Beruang Madu yang Berkeliaran di Permukiman Warga Betara

0

BKSDA Pantau Pergerakan Beruang Madu yang Berkeliaran di Permukiman Warga Betara

SERAMBIJAMBI.ID, TANJAB BARAT – Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi melalui Resort Tungkal Ilir menurunkan petugasnya ke wilayah Kelurahan Mekar Jaya, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjab Barat untuk melakukan pemetaan guna menangkap dua ekor beruang madu yang berkeliaran di perkebunan maupun permukiman warga.

Kepala BKSDA Jambi melalui Kepala Seksi Wilayah III BKSDA Jambi, Kamaruzaman saat dikonfirmasi serambijambi.id menyampaikan bahwa pihaknya telah mendapatkan informasi tersebut.

Dikatakannya karena kebetulan kemunculan beruangnya di sekitar atau dekat Pos Damkar Betara, kita akan melakukan verifikasi lapangan.

“Kita akan melakukan verifikasi lapangan, apakah beruang tersebut masih berada di sekitar perkebunan warga atau sudah kembali ke habitatnya ke dalam hutan,” ujarnya, Kamis (19/10/23) kemarin.

BACA JUGA :

Hari ini, lanjut Kamaruzaman, petugas BKSDA Resort Tungkal Ilir akan melakukan ricek lapangan untuk memantau pergerakan beruang madu yang berjumlah dua ekor tersebut.

Setelah dapat data dan kondisinya, baru kita langsung turunkan tim untuk melakukan penangkapan,“ ungkapnya

Untuk diketahui keberadaan beruang madu dilindungi oleh UU sejak 1973 (SK Mentan) dan diperkuat dengan adanya Peraturan Pemerintah No.8 Tahun 1999 tentang Pemanfaatan Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar.

Beruang madu yang tergolong satwa buas dan dilindungi ini diketahui telah memasuki kawasan permukiman warga di wilayah Kecamatan Betara sejak pertengahan Oktober 2023.

Dengan adanya keberadaan beruang madu ini warga sekitar menjadi khawatir saat melakukan aktivitas baik di rumah maupun di luar rumah. Mereka khawatir dan takut diterkam beruang tersebut. (SJ)

Follow dan baca berita menarik lainnya dari Serambijambi di Google News

Comments
Loading...
https://niraku.co.id/wp-content/sites/?ojk= KATANA4D https://niraku.co.id/wp-content/sites/?ojk= KATANA4D https://niraku.co.id/wp-content/sites/?ojk= KATANA4D https://niraku.co.id/wp-content/sites/?ojk= KATANA4D https://niraku.co.id/wp-content/sites/?ojk= https://niraku.co.id/wp-content/sites/?ojk= KATANA4D
?> 404: Not Found ?>
KATANA4D KATANA4D SLOT SERVER MYANMAR SLOT RECEH SLOT MAHJONG HITAM KATANA4D SLOT BET 200 400 SLOT QRIS