Pelindo Jambi Dorong Inovasi Layanan Publik di PelabuhanTalang Duku: Tantangan dan Peluang Dibahas dalamDiskusi Publik

0

Pelindo Jambi Dorong Inovasi Layanan Publik di PelabuhanTalang Duku: Tantangan dan Peluang Dibahas dalamDiskusi Publik

SERAMBIJAMBI.ID,  JAMBI – PT Pelindo Regional 2 Jambi menegaskan komitmennyadalam meningkatkan pelayanan publik di Pelabuhan TalangDuku. Hal ini disampaikan oleh General Manager PT PelindoRegional 2 Jambi, Ahmad Fahmi, dalam acara Diskusi Publikyang diinisiasi oleh Komunitas Partisipatif Pelayanan Publik(KOMPLIK) – sebuah komunitas di bawah naunganOmbudsman RI Perwakilan Jambi. Dengan tema “OptimalisasiPelayanan Publik di Pelabuhan Talang Duku Jambi: Tantangandan Peluang”, acara ini digelar di Aula Swiss-Belhotel Jambi dan melibatkan berbagai elemen masyarakat, kamis (5/9/2024)

Ahmad Fahmi dalam sambutannya menyatakan pentingnyaperbaikan dan penguatan pelayanan publik di Pelabuhan TalangDuku. “Pelindo Jambi terus berupaya untuk memberikanlayanan terbaik bagi pengguna jasa pelabuhan. Kami menyadariadanya tantangan yang perlu dihadapi, seperti infrastruktur dankoordinasi lintas sektor, namun kami juga melihat peluang besardalam meningkatkan efisiensi operasional dan pelayanan,” ujar Fahmi.

Dalam diskusi yang dihadiri oleh mahasiswa, jurnalis, organisasimasyarakat, LSM, serta asosiasi kemaritiman tersebut, Fahmimenyoroti pentingnya sinergi antara pihak pelabuhan, pemerintah daerah, dan masyarakat dalam menjawab kebutuhanpelayanan publik di pelabuhan. Menurutnya, kolaborasi iniadalah kunci untuk memanfaatkan potensi besar yang dimilikiPelabuhan Talang Duku dalam mendukung perekonomiandaerah.

Acara dibuka dengan sambutan dari Sekretaris Daerah ProvinsiJambi, Sudirman, yang mewakili Gubernur Jambi. Dalampidatonya, Sudirman memberikan apresiasi kepada PelindoJambi dan KOMPLIK atas inisiatif penyelenggaraan diskusipublik ini. “Ini adalah langkah konkret dalam mewujudkanpelayanan publik yang lebih baik di sektor pelabuhan, sekaligusmembuka dialog yang konstruktif antara pemangku kepentingandan masyarakat,” ujarnya.

Selanjutnya, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jambi, SaifulRoswandi, juga turut menyampaikan sambutannya. Iamenekankan bahwa peran Ombudsman RI melalui KOMPLIK adalah untuk memastikan pelayanan publik yang lebihtransparan dan akuntabel. “Pelabuhan Talang Duku adalah salahsatu pintu gerbang ekonomi Jambi, dan kita perlu memastikanpelayanan di sini berjalan optimal untuk mendukungpembangunan daerah,” ujar Saiful.

Diskusi ini juga menghadirkan Hery Susanto, M.Si, anggotaOmbudsman RI, sebagai keynote speaker. Hery membahasberbagai tantangan yang dihadapi oleh instansi publik dalammemberikan pelayanan yang efektif dan menyoroti pentingnyainovasi pelayanan di tengah tuntutan masyarakat yang terusmeningkat. Selain itu, Kepala KSOP Talang Duku dan KepalaDinas Perhubungan Provinsi Jambi juga menyampaikanpandangan mereka terkait peran regulasi dan kebijakan dalammendukung operasional pelabuhan. 

Diskusi yang berlangsung interaktif ini diakhiri dengan sesitanya jawab yang sangat antusias. Pertanyaan dari berbagaipihak terkait perbaikan layanan publik di pelabuhan langsungdijawab oleh Ahmad Fahmi dan para narasumber lainnya. Fahmisecara terbuka menerima masukan dan kritik dari peserta, sertaberkomitmen akan terus mendorong Pelindo Jambi untukmeningkatkan kualitas layanan di Pelabuhan Talang Duku.

Dengan adanya kegiatan seperti ini, PT Pelindo Regional 2 Jambi berharap dapat semakin memahami kebutuhan danekspektasi masyarakat dalam pelayanan publik di pelabuhan. Pelindo Jambi berkomitmen untuk terus melakukan inovasi danpeningkatan, sehingga Pelabuhan Talang Duku bisa berperanlebih optimal dalam mendukung pertumbuhan ekonomi ProvinsiJambi dan sekitarnya.

Comments
Loading...