Dukung UMKM dan IKM di Tanjung Jabung Timur, PetroChina Gelar Pelatihan Desain Kemasan Produk
SERAMBIJAMBI.ID, TANJABTIMUR – PetroChina International Jabung Ltd. mengelar pelatihan desain kemasan, bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Pelatihan ini berlokasi di Rumah Pintar Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Rabu (13/7/2022).
Kegiatan pelatihan ini berlangsung selama dua hari yakni pada 13 – 14 Juli 2022, diikuti oleh para pelaku usaha yang tergabung dalam binaan PetroChina International Jabung Ltd. Pelatihan dilakukan dengan mendatangkan pelatih dari Rumah Kemasan Bandung, Mohammad Firsan.
Setia Andika Priandaru selaku Staf Government and Relations PetroChina International Jabung Ltd. hadir dan membuka kegiatan pelatihan. Ia mengatakan bahwa PetroChina sudah berkelanjutan melakukan program pengembangan bagi para pelaku usaha menengah di Kabupaten Tanjung Jabung Timur sejak tahun 2012.
“Untuk saat ini kita melakukan pelatihan desain kemasan. Harapan kami pasti ini akan ada lagi. Karena kita punya tanggung jawab sosial dan terus mencari sumber lain yang bisa kita kembangkan dan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur,” ujarnya.
“Salah satu bagian yang harus sangat kita perhatikan agar produk IKM dan UMKM dapat menjangkau pasar yang lebih luas adalah kemasan dari produk IKM dan UMKM. Melalui pelatihan ini kita berharap produk IKM dan UMKM dapat meningkatkan kualitas kemasan produknya, hingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan masuk ke toko retail dan gerai modern yang menjual produk khas daerah Jambi,” tambahnya.
Sementara, Mohammad Firsan yang merupakan pelatih desain dari Rumah Kemasan Bandung mengungkapkan, hal pertama yang diajarkan kepada pelaku usaha di Kabupaten Tanjung Jabung Timur adalah mengubah pola pikir tentang pentingnya suatu merek. Karena tidak jarang ditemukan, pelaku UMKM dan IKM kurang memperhatikan merek serta kemasan produk yang menarik dan cocok.
“Harus ada target, misalnya siapa sih target marketnya, buat oleh-oleh kah, anak muda kah atau buat dewasa. Jadi kita akan membuka wawasan mereka tentang desain kemasan,” ungkapnya.
Tidak bergerak sendiri, PetroChina selalu berkoordinasi dan berkolaborasi bersama pemerintah daerah untuk menyukseskan program pengembangan masyarakat dan program tanggung jawab sosial serta berbagai program lainnya. (*)