Mako Pulsubsektor Sei Gelam Diresmikan Kapolda Jambi

0 122

Mako Pulsubsektor Sei Gelam Diresmikan Kapolda Jambi

SERAMBIJAMBI.ID, MUARO JAMBI – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Irjen Pol A Rachmad Wibowo resmikan lansung gedung Markas Komando (Mako) Polsubsektor Sei Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Rabu (03/2).

Dengan tetap mengikuti protokol kesehatan penanganan Covid-19, kedatangan Kapolda Jambi disambut lansung Bupati Muaro Jambi Hj Masnah Busro SE, Ketua DPRD Kabupaten Muaro Jambi, Kapolres Muaro Jambi AKBP Ardiyanto SIK, Kajari Muaro Jambi, Pabung Kodim 0415/Bth.

Sebelum meresmikan Mako Polsubsektor Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo menanam pohon bersama Bupati dan Kapolres Muaro Jambi, selanjutnya menabur benih bibit ikan di kolam yang ada Mako Polsubsektor Sei Gelam.

Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo didampingi oleh Kabid Propam Polda Jambi Kombes Pol Julihan Muntaha, Dir Intel Kombes Pol Bondan Witjaksono, Karo Rena.

Dalam sambutannya Kapolres Muaro Jambi AKBP Ardiyanto menyebutkan bahwa untuk wilayah hukum Polres Muaro Jambi khususnya Kecamatan Sei Gelam ada dua Polsubsektor yang mana dibawah Polsek Jambi Luar Kota (Jaluko).

” Alhamdulillah, pengajuan untuk pembangunan Polsek Sei Gelam sudah kita ajukan melalui Polda Jambi dan informasi sudah di Kemenpan RB,” ujar Kapolres.

Kapolres menjelaskan bahwa bangunan yang saat ini diresmikan berdiri di atas tanah milik polri yang sudah berstatus sertifikat hak milik yang telah diberikan oleh pemerintah Kabupaten Muaro Jambi dengan luas 3113 M2, saat ini telah dibangun gedung dengan luas 561 M2 dengan dana hibah APBD Kabupaten Muaro Jambi tahun 2020.

“Anggaran sebesar Rp 2,9 miliar, dan pengerjaan pembangunan proyek dimulai pada awal Agustus 2020 serta selesai akhir Desember 2020,” katanya.

Dilanjutkan AKBP Ardiyanto, kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Muaro Jambi Hj Masnah Busro yang telah menghibahkan tanah untuk pembangunan Polsubsektor Sei Gelam ini, tutupnya.

Selanjutnya Bupati Muaro Jambi Hj Masnah Busro SE dalam sambutannya, menyampaikan, selamat datang Bapak Kapolda Jambi di Kabupaten Muaro Jambi, yang mana untuk wilayah Kabupaten ada 11 Kecamatan dan Sei Gelam ini merupakan salah satunya.

” Dengan adanya Gedung Polsubsektor Sei Gelam ini kedepanya bisa membantu kepolisian dalam melayani masyarakat,” tuturnya.

Masnah juga berharap, disetiap kecamatan yang berada di Kabupaten Muarojambi memiliki Polsek masing-masing, agar masyarakat merasa aman, nyaman dan terjadi situasi yang kondusif. “Saya pengen sekali disetiap wilayah yang ada di Muaro Jambi itu ada Polseknya,” harapnya.

Sementara itu Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Muaro Jambi atas hibah yang diberikan, ini sangat membantu tugas kepolisian khusunya di pelayanan masyarakat.

” Dengan adanya Polsek, ada musholla atau Mesjid maka masyarakat yang ingin singgah ataupun melakukan pelayanan dan beribadah bisa dilakukan, dan ini juga termasuk pelayanan masyarakat,” tutur Jendral Bintang Dua tersebut.

Kehadiran Polri supaya dekat dengan masyarakat yang satu simbolnya adalah gedung kita ini. Ada 7 Polsek di wilayah Muaro Jambi dan ada 3 polsubsektor, untuk Kecamatannya ada 11 kecamatan jadi ada Polsek yang menangani lebih dari 1 Kecamatan tentunya ini akan lebih efektif kalau kita pakai konsep community polici bagaimana kita mempolisikan masyarakat dan polisinya menjadi masyarakat yang humanis yang dekat dengan masyarakat kemudian masyarakatnya juga memiliki jiwa sebagai seorang polisi,” kata Kapolda.

 

Selain itu, Kapolda juga menyebutkan untuk kepolisian sendiri merupakan penegakan hukum apabila ditemukan pelanggaran hukum, maka dari itu saya juga minta untuk Bupati Muaro Jambi bisa menciptakan lapangan kerja, yang mana selain mengurangi angka pengangguran juga mengurangi angka kriminalitas, sambungnya.

 

” Sebagai contoh, Karhutla yang terjadi karena tidak adanya lapangan pekerjaan ada sebagian masyarakat yang mau dibayar untuk membakar hutan atau ikut merambah hutan” ungkapnya.

 

Terakhir, semoga Polsubsektor yang dibangun ini bisa digunakan dengan semestinya dan bekerja untuk melayani masyarakat, tutup Irjen Pol A Rachmad Wibowo.

 

 

Acara dilanjutkan dengan pemotongan pita sebagai tanda peresmian Gedung Polsubsektor Sei Gelam oleh Bupati Muaro Jambi Hj Masnah Busro dan penandatanganan Prasasti Gedung Polsubsektor Sei Gelam oleh Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo.

 

Selanjutnya Kapolda Jambi, berserta Forkompinda Kabupaten Muaro Jambi mengecek gedung Mako Polsubsektor Sei Gelam. (Syah)

Leave A Reply