Wujudkan Literasi yang berkualitas dan SDM Unggul, PetroChina Launching Cafe Literasi dan Festival Literasi Geragai di Kabupaten Tanjung Jabung Timur

0

Wujudkan Literasi yang berkualitas dan SDM Unggul, PetroChina Launching Cafe Literasi dan Festival Literasi Geragai di Kabupaten Tanjung Jabung Timur

SERAMBIJAMBI.ID, TANJABTIMUR – SKK Migas-KKKS PetroChina International Jabung Ltd. terus konsisten menunjukkan komitmennya terhadap pembangunan pendidikan di sekitar wilayah operasinya. Kali ini melalui Program Pengembangan Masyarakat (PPM), PetroChina menggelar acara launching Cafe Literasi dan Festival Literasi Geragai. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan literasi di kalangan masyarakat, khususnya generasi muda. Selain itu, PetroChina menginisiasi kegiatan Festival Literasi Geragai juga bertujuan untuk menghapus buta aksara di Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Launching Festival Literasi Geragai ini digelar sekaligus dengan gelaran Launching D.E. Caffe, yang merupakan Cafe Literasi gerai usaha yang dibangun oleh PetroChina untuk mendorong minat baca dan literasi masyarakat. Kegiatan launching berlangsung di bangunan cafe tersebut yang berlokasi tepat berada di sebelah bangunan Perpustakaan Cendikia yang berlokasi di Jl. Siliwangi, Kelurahan Pandan Jaya, Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, pada Kamis (29/8/2024).

Kegiatan launching dihadiri oleh Field Manager PetroChina International Jabung Ltd. yang diwakili oleh Field Admin Superintendent Sugiarto, Government and Relation Superintendent Lasno, CSR and Comdev Supervisor M. Yuda Ramdani, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Jambi Adi Budiwiyanto, Ketua Forum Pegiat Literasi Jambi Fajrin Nurpasca, Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Timur Surakhmat Sardy, Kepala Bidang PAUD dan Pendidikan Masyarakat Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjung Jabung Timur Halidi, Ketua Perpustakaan Cendikia Nuzul Qodri, Camat Geragai Iduar Aidi, Lurah Pandan Jaya Sanuddin, serta para pengurus perpustakaan desa dan pengurus perpustakaan SMP dan SMA sederajat di Kecamatan Geragai.

Pada sambutan Field Manager PetroChina Jabung yang dibacakan oleh Field Admin Superintendent PetroChina Jabung, Sugiarto, disampaikan bahwa PetroChina memiliki visi dan misi yang sama dengan pemerintah daerah maupun komunitas, untuk terus mendorong terciptanya pendidikan yang inklusif, pendidikan yang dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat dengan mendekatkan aksebilitas pendidikan ke masyarakat, salah satunya melalui gerakan literasi.

BACA JUGA :

“SKK Migas-PetroChina dalam beberapa tahun terakhir sangat aktif mendorong tumbuhnya literasi di tengah masyarakat kita, khususnya untuk Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Kami sudah pernah memberikan bantuan satu unit mobil perpustakaan keliling yang ada di dinas perpustakaan kabupaten, satu unit perpustakaan roda tiga di Kecamatan Mendahara, membangun empat perpustakaan desa yaitu di Kelurahan Simpang Tuan Desa Pandan Jaya dan Desa Pandan Makmur, serta Perpustakaan Cendikia di samping lokasi kita berkumpul saat ini, Selain itu juga, tahun ini kami sedang membangun satu sanggar baca di Desa Pematang Rahim,” papar Sugiarto.

Sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat, melalui Kepala Kantor Bahasa Provinsi Jambi, Adi Budiwiyanto, memberikan apresiasi tinggi terhadap upaya PetroChina dalam mendukung dan menginisiasi kegiatan literasi di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Dukungan PetroChina terhadap terselenggaranya Festival Literasi Geragai dan launching Café Literasi dinilai sebagai langkah positif yang sejalan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan minat baca dan keterampilan literasi di masyarakat. Ia juga berharap kegiatan literasi seperti ini dapat diterapkan di kabupaten/kota lain.

“Mudah-mudahan ini menjadi salah satu contoh baik. Mengapa saya katakan demikian?, karena kita melihat disini sistemnya terbentuk ya, tidak hanya dari pemerintahannya, tapi juga dari perusahaan, ada juga dari usaha swasta yang juga turut membantu upaya peningkatan literasi. Jadi sistem ini mudah-mudahan terus terjaga dan dapat dicontoh di kabupaten lain atau di kota lain di Provinsi Jambi,” ujar Adi Budiwiyanto.

Mewakili Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Kepala Bidang PAUD dan Pendidikan Masyarakat Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Halidi, mengapresiasi PetroChina yang telah banyak menginisiasi kegiatan literasi di tengah masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Timur, terutama masyarakat di Kecamatan Geragai.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kontribusi dan inisiasi pihak PetroChina. Ini tentunya sangat positif sekali bagi masyarakat kita semua dan juga tentunya menjadi kebanggaan di Kecamatan Geragai. Dimana, disini dibangun sentra Cafe Literasi ya, disini ada cafe literasinya, ada perpustakaannya, ada juga tempat nongkrong yang tentu harapannya adalah disini bukan sekadar tempat ngumpul ngopi-ngopi. Dengan adanya tempat ini semakin banyak masyarakat kita yang memanfaatkan fasilitas yang ada, ambil bukunya, baca bukunya sambil ngopi disini, sambil diskusi ya tentunya untuk menghidupkan dan meningkatkan kemampuan literasi kita,” ujar Halidi.

Kegiatan Launching Festival Literasi Geragai dan Cafe Literasi ditandai dengang pemukulan gong. Setelah itu dilanjutkan dengan sesi ramah tamah yang diisi dengan penampilan tari kreasi oleh siswa/i Rumah Quran Jambi di Kecamatan Geragai dan penampilan musikalisasi puisi oleh siswa/i SMA Negeri 5 Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Setelah itu dilanjutkan dengan foto bersama.

Disampaikan oleh Ketua Forum Pegiat Literasi Jambi, Fajrin Nurpasca, kegiatan Festival Literasi Geragai berlangsung pada tanggal 29 Agustus – 7 Desember 2024. Diisi dengan berbagai kegiatan seperti Bincang Budaya, Kelas Menulis, Workshop Digital Marketing, Training Waiter dan Barista, Kelas Mendongeng dan Read Aloud, serta Sayembara Literasi, ia berharap kegiatan ini dapat memberikan peluang dan manfaat untuk masyarakat.

“Tentu kita berharap dengan rangkaian kegiatan sampai dengan bulan Desember, jadi harapannya masyarakat ini menangkap peluang untuk belajar lebih banyak lagi. Kan sayang fasilitas sudah banyak tersedia. Semoga ini bisa bermanfaat dan kita harapkan nanti makin banyak kisah-kisah literasi di Geragai dan banyak penulis-nulis berprestasi muncul dari sini,” harap Fajrin Nurpasca.

Setelah launching, tepat di hari yang sama, kegiatan pertama Festival Literasi Geragai diisi dengan talkshow yang bertema “Membangun Sinergi Gerakan Literasi” dengan menghadirkan beberapa narasumber yang membidangi, dipandu oleh moderator yang sekaligus sebagai Ketua Perpustakaan Cendikia, yakni Nuzul Qodri.

Pada talkshow tersebut, narasumber pertama yakni Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Surakhmat Sardy. Dalam pemaparanya ia menyampaikan Pentingnya Literasi Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Dituturkan bahwa dengan kemampuan literasi yang baik, memungkinkan seseorang untuk memahami, menganalisis, dan menggunakan informasi secara efektif. Terutama dalam era digital yang terus berkembang, informasi tersebar luas dan dapat diakses dengan mudah melalui internet dan media sosial.

Narasumber selanjutnya yakni Kepala Kantor Bahasa Provinsi Jambi, Adi Budiwiyanto, dengan materi talkshow yang disampaikan yakni Mengembangkan dan Melindungi Bahasa, Sastra Indonesia, dan Bahasa Daerah.

Narasumber selanjutnya Ketua Forum Pegiat Literasi Jambi, Fajrin Nurpasca, dengan materi yang disampaikan yakni Gerakan Forum Literasi Jambi yang sudah dibentuk sejak tahun 2019, dengan kegiatan utama yakni menfasilitasi kegiatan komunitas literasi.

Terakhir yakni narasumber dari PetroChina oleh CSR and Comdev Supervisor PetroChina Jabung, M. Yuda Ramdani. Dalam pemaparan materi ia menyampaikan Implementasi Program Pengembangan Masyarakat (PPM) di Wilayah Kerja Operasi. Ia menyebutkan salah satu kontribusi PetroChina dalam bidang pendidikan melalui PPM yakni mengembangkan literasi dengan mendekatkan akses literasi bagi masyarakat.

Talkshow yang merupakan awal rangkaian kegiatan Festival Literasi Geragai ini berlangsung dengan baik, dihadiri oleh para peserta talkshow yang merupakan para pengurus perpustakaan desa maupun perpustakaan sekolah yang ada di Kecamatan Geragai. Talkshow diiringi dengan sesi tanya jawab dan diskusi. Para peserta terlihat antusias dan sangat fokus memperhatikan pemaparan materi dari para narasumber.

Comments
Loading...