Gangguan Pengaliran Air saat Idul Fitri, Dirut Perumda Tirta Mayang Kota Jambi Sebut Adanya Serangkaian Pemadaman Listrik

0

Gangguan Pengaliran Air saat Idul Fitri, Dirut Perumda Tirta Mayang Kota Jambi Sebut Adanya Serangkaian Pemadaman Listrik

SERAMBIJAMBI.ID, JAMBI – Perumda Air Minum Tirta Mayang Kota Jambi, perusahaan penyedia layanan air bersih di Kota Jambi, memberikan penjelasan terkait gangguan pengaliran air yang terjadi selama Idul Fitri 2025.

Gangguan tersebut disebabkan oleh serangkaian pemadaman listrik yang dilakukan oleh PLN di beberapa titik penting yang berdampak pada operasional sistem penyediaan air.

Menurut penjelasan Direktur Perumda Air Minum Tirta Mayang, Dwieke Riantara menyebutkan, gangguan pertama terjadi pada Sabtu, 22 Maret 2025, antara pukul 11.30 hingga 20.54, akibat pemadaman listrik untuk pekerjaan penyambungan kabel ke kubikel di ruang trafo Broni 1 oleh PLN.

Pemadaman ini menyebabkan Intake Benteng, serta Broni 1 dan 2 terhenti, yang berdampak langsung pada pasokan air ke sebagian wilayah Kota Jambi.

Selanjutnya, pada Rabu, 26 Maret 2025, antara pukul 12.03 hingga 14.56, PLN kembali melakukan pemadaman listrik karena insiden darurat yang mengakibatkan Intake Benteng dan Broni 1 dan 2 kembali off.

Pada Kamis, 27 Maret 2025, gangguan serupa terjadi akibat pemadaman listrik untuk pekerjaan pemindahan kabel incoming kubikel yang dilakukan oleh PLN pada pukul 11.05 hingga 13.30.

” Pemadaman ini kembali menyebabkan penghentian pasokan dari Intake Benteng, Broni 1, dan Broni 2,” kata dia.

Pada Rabu, 2 April 2025, pukul 17.43 hingga 20.06, kembali terjadi pemadaman listrik karena insiden darurat oleh PLN yang kembali memengaruhi Intake Benteng, Broni 1, dan Broni 2.

Gangguan terakhir terjadi pada Jumat, 4 April 2025, akibat pemadaman listrik yang disebabkan oleh perbaikan kabel terminasi outgoing kubikel trafo Broni 1 oleh Tirta Mayang atas rekomendasi PLN.

” Pemadaman ini juga mengakibatkan Intake Benteng, Broni 1, dan Broni 2 terhenti,” jelasnya.

Tirta Mayang menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan selama periode tersebut, terutama pada saat Idul Fitri yang biasanya menjadi periode kebutuhan air yang tinggi.

Perusahaan mengimbau masyarakat untuk memahami bahwa gangguan tersebut terjadi akibat faktor eksternal yang tidak dapat dihindari, meskipun pihaknya telah berupaya maksimal untuk meminimalisir dampak dari pemadaman listrik yang terjadi.

Sebagai langkah tindak lanjut, Tirta Mayang berkoordinasi lebih lanjut dengan PLN untuk memastikan kestabilan pasokan listrik dan kelancaran pengaliran air ke seluruh wilayah Kota Jambi, guna menghindari terjadinya gangguan serupa di masa depan.

Comments
Loading...