SERAMBIJAMBI.ID, TANJAB BARAT – PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Kuala Tungkal mengumumkan rencana pelaksanaan serangkaian kegiatan pemeliharaan jaringan listrik pada bulan November 2025. Langkah ini diambil sebagai upaya proaktif untuk menjaga keandalan pasokan listrik kepada pelanggan dan meminimalisasi potensi gangguan yang dapat menyebabkan pemadaman tidak terencana.
Kegiatan pemeliharaan ini akan difokuskan pada perbaikan dan pembersihan jalur jaringan atau Right of Way (ROW) dari potensi hambatan, seperti pohon atau benda asing, yang sering menjadi pemicu gangguan.
Manajer PLN ULP Kuala Tungkal, Yossa Perdana menjelaskan bahwa pemeliharaan ini sangat penting untuk memastikan sistem kelistrikan beroperasi optimal.
“Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dan pasokan listrik yang andal. Oleh karena itu, pemeliharaan jaringan ini harus kami laksanakan, meskipun akan berdampak pada pemadaman sementara di beberapa lokasi,” ujar Yossa
Jadwal dan Wilayah Terdampak Pemadaman Sementara
PLN mengimbau masyarakat di wilayah terdampak untuk mempersiapkan diri selama jadwal pemeliharaan berikut:
- Senin, 10 November 202509.00 – 13.00 Jalan Sriwijaya Ujung, Jalan Sungai Tiram, Dusun Sungai Limau, Desa Sialang.
- Selasa, 11 November 202509.00 – 13.00 Pelabuhan Dagang, Gemuruh, Taman Raja, Pematang Tembesu, Kampung Baru, Tanjung Bojo, Dusun Kebun, Sei Badar, Lubuk Lawas, Lubuk Bernai, PT.DAS, Sebagian wilayah Suban dan sekitarnya.
- Rabu, 12 November 202509.00 – 13.00Desa Pematang Pauh, Desa Tanjung Tayas, Desa Bandang Sepakat, Desa Bandang Luar, Desa Tanjung Paku, Sebagian Kelurahan Merlung dan sebagian desa di wilayah Merlung, Rumah Sakit Suryah Khairuddin.
Yossa juga menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin timbul akibat pemadaman ini. “Setelah pekerjaan pemeliharaan selesai, kami pastikan pasokan listrik akan segera dinormalkan kembali,” tambahnya.
Untuk keselamatan bersama, PLN ULP Kuala Tungkal mengimbau pelanggan yang berada di wilayah terdampak untuk mematikan peralatan elektronik yang tidak diperlukan selama pemadaman berlangsung.
Bagi pengguna generator set (genset), memastikan genset dalam kondisi terpisah dari jaringan listrik PLN saat digunakan.
PLN juga mengajak seluruh pelanggan untuk memanfaatkan aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh melalui Google Play Store atau App Store. Aplikasi ini merupakan sumber informasi resmi, media pembayaran, serta akses cepat ke berbagai layanan dan pengaduan PLN. (SJ)