Kebakaran di Kabupaten Tanjung Jabung Timur Terjadi di Lahan Milik Penduduk, Tim PetroChina Turut Padamkan Api

0

Kebakaran di Kabupaten Tanjung Jabung Timur Terjadi di Lahan Milik Penduduk, Tim PetroChina Turut Padamkan Api

SERAMBIJAMBI.ID, TANJABBAR – Insiden Kebakaran Hutan dan Lahan (KARHUTLA) dilaporkan terjadi di wilayah Kelurahan Teluk Dawan, Kecamatan Muara Sabak Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi. Peristiwa yang terjadi pada Jumat (5/9/2024) ini mengakibatkan kepulan asap tebal.

Sebelumnya, beredar kabar bahwa peristiwa kebakaran tersebut terjadi di area yang diklaim sebagai lahan operasional Seismik milik PetroChina. Namun faktanya, lokasi kebakaran tersebut berada di lahan milik kelompok tani yang berada di RT 08 Dusun Grohol, Kelurahan Teluk Dawan, Kecamatan Muara Sabak Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Dibenarkan bahwa informasi terjadinya kebakaran tersebut disampaikan oleh Tim Seismik dari Betara Gas Plant (BGP) – PetroChina yang sedang melintas di area tersebut untuk menuju lokasi Survei Seismik di Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Dimana ditemukan adanya kepulan asap dan PetroChina mendatangkan tim kebakaran untuk memadamkan api.

Tim Seismik tersebut juga menghubungi SATGAS KARHUTLA Provinsi Jambi, termasuk di dalamnya yakni TNI, POLRI, Tim BPBD, dan Pemadam Kebakaran Tanjung Jabung Timur, serta masyarakat sekitar.

BACA JUGA :

Sebagai Komandan SATGAS KARHUTLA di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, DANDIM 0419/TANJAB Letkol Arm Dwi Sutaryo, S.E., M.Han., mengatakan bahwa kebakaran yang terjadi di salah satu lahan penduduk tersebut tidak diketahui penyebabnya, dan musim kemarau berkepanjangan menambah sebaran kebakaran tersebut.

“Pada sore hari, kebakaran di lahan tersebut telah tertangani dengan baik oleh kerja sama tim yang telah melakukan upaya pemadaman dan pendinginan, ditambah lagi dengan adanya hujan dengan intensitas sedang yang terjadi sore hari. Namun demikian, tim tetap melakukan pendinginan dan memastikan bahwa api telah benar-benar padam,” ujar Letkol Arm Dwi Sutaryo.

Letkol Arm Dwi Sutaryo berpesan kepada masyarakat agar tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar dan mengapresiasi kepada seluruh tim yang terlibat dalam proses pemadaman api.

Sementara itu, menurut informasi dari KAPOLSEK Sabak Barat, Ipda Nurhadi Sutrisno, titik api mulai diketahui sekira pukul 08.30 WIB di lahan milik Kelompok Tani. Adanya titik api di laporkan oleh Eko, yang merupakan Ketua RT 08 Kelurahan Teluk Dawan.

Begitu menerima laporan, KAPOLSEK Muara Sabak Barat Ipda Nurhadi Sutrisno, bersama personel langsung menuju ke lokasi titik api untuk melakukan pemadam, dengan dibantu masyarakat.

Tidak hanya itu, Ipda Nurhadi Sutrisno juga menyampaikan perusahaan dalam hal ini PetroChina juga turut andil melakukan pemadaman dengan menurunkan tim dengan menggunakan alat berupa mesin Robin, Nozel, dan 18 gulung selang. Diinformasikan bahwa api padam setelah dibantu dengan Water Bombing,

“Alhamdulillah api dapat dipadamkan dan saat ini sedang melakukan pendinginan” ujar KAPOLSEK Muara Sabak Barat tersebut.

Saat ini SATGAS KARHUTLA dikabarkan masih melakukan patroli secara berjenjang, agar kebakaran tidak meluas.

Comments
Loading...