Viral !!! Luwak White Koffie Menyala Saat Dibakar, Ini Penyebabnya

0 21.309
Loading...

SERAMBIJAMBI.ID – Netizen sedang digemparkan oleh viralnya rekaman video tentang kopi yang bisa terbakar seperti bubuk mesiu. Dalam hitungan jam, Jum’at malam (28/9/2018) beredar luas video bubuk kopi instant Luwak White Koffie yang menyala saat dibakar.

BACA JUGA : Viral !!! Luwak White Koffie Menyala Saat Dibakar, Ini Penjelasan Badan POM

Kenapa bubuk kopi instant Luwak White Koffie bisa terbakar ??? Tentu ada penjelasan ilmiah yang dapat meluruskan pemahaman yang keliru.

Kopi yang sedang viral pada komposisinya terdapat Sodium Caseinate (Zat Anti Caking) yang mengandung sulfur, yaitu salah satu unsur yang mudah terbakar. Namun tidak berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi.

Seperti kita ketahui, minuman kopi instan saat ini datang dengan berbagai macam variasi rasa. Dalam satu tuangan, dengan cepat kopi instan dapat disajikan dalam secangkir kopi.

Tapi apakah anda pernah mencoba bertanya-tanya apa saja kandungan yang ada dari kopi yang creamer?. “Berikut adalah ulasan yang berhasil dilansir dari republika.co.id dan huffpost.com, Sabtu (29/9/18) dini hari.

Jadi apa itu minuman yang mengandung creamer? Singkatnya, itu berisikan gula, minyak dan pengental.

Untuk penjelasan gang lebih rinci creamer terdiri dari :

1. Sirup jagung yang dipadatkan, hal ini pada dasarnya gula, hanya saja terbuat dari jagung

2. Parsial Hidrogen Kedelai atau minyak dari biji kapas, ini yang memberi creamer seperti cream

3. Sodium caseinate, protein susu yang tidak mengandung laktosa tetapi bertindak sebagai stabilizer.

4. Monogliserida dan digliserida, bahan yang memastikan kopi dan creamer dapat tercampur. Ada kemungkinan bahwa ini mengandung lemak trans.

5. Dipotassium fosfat atau yang juga dikenal sebagai asam fosfat, berguna untuk pengental

Itulah beberapa bahan pokok pembuat creamer, biasanya ada tambahan lain seperti kopi dan lain lain, tapi daftar yang di atas adalah bahan dasar.

Namun, seperti yang kita ketahui kopi creamer terdapat dalam 2 bentuk yaitu cair dan bubuk. Pada faktanya kopi creamer berbentuk bubuk yang mengandung sodium alumionosilicate, sebuah zat anticaking agent yang sangat mudah terbakar.

Jadi, berbagai produk yang berbentuk bubuk atau serbuk seperti, tepung terigu, tepung beras, tepung nabati, krimer, kopi, susu bubuk, dan sebagainya jika terkena api juga mudah terbakar.

“Jadi bubuk atau tepung yang terbuat dari nabati jika terkena api juga mudah terbakar. Proses terbakarnya itu terjadi karena ada api, oksigen dan bahan bakar (tepung/serbuk).

Kopi instant Luwak White Koffie yang sedang viral pada komposisinya terdapat Sodium Caseinate (Zat Anti Caking) yang mengandung sulfur, yaitu salah satu unsur yang mudah terbakar.

Hal serupa, bubuk creamer bisa terbakar sebelumnya pernah dibuktikan oleh video yang dibuat oleh mantan drummer grup band Nirvana dan pentolan dari grup band Foo Fighter, Dave Grohl. Dalam video diperlihatkan Dave Grohl memegang satu botol creamer bubuk dan menuangkannya ke atas korek, dan hasilnya?

Bubuk kopi creamer tersebut terbakar dengan mudahnya. Menyeramkan bukan? Pastinya Anda akan berpikir dua kali untuk meminum kopi creamer bubuk.

Namun, hal itu tidak berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi. Suatu produk yang mudah atau bisa terbakar, bukan berarti berbahaya bagi tubuh.

Jadi setelah diteliti lebih lanjut produk Luwak White Koffie tentunya sudah memiliki ijin edar yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), sehingga dapat dipastikan Luwak White Koffie 100% aman untuk diminum. (*)

Loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.